Pembangunan destinasi wisata Danau Poso dimulai

id Danau Poso

Pembangunan destinasi wisata Danau Poso dimulai

Bupati Poso Darmin Sigilipu saat memberikan sambutan pada pembukaan pembangunan destinasi wisata Danau Poso di Tentena, Senin (9/9). (Fery Timparosa)

Jika ini berhasil, destinasi wisata Danau Poso ini akan menjadi destinasi wisata nasional
Palu (ANTARA) - Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menghadiri langsung pembukaan pembangunan destinasi wisata dan penataan Danau Poso oleh PT Poso Energy, di tepi Danau Poso, Kelurahan Tentena, Kecamatan Sangele, Senin.

Darmin dalam sambutannya berharap pembangunan destinasi wisata itu, agar sesuai dengan gambar yang telah direncanakan sebelumnya. 
Demikian halnya tulisan yang tertera pada ornamen di lokasi tersebut bertuliskan bahasa Pamona sesuai harapan majelis adat setempat.

Bupati berharap dengan jadinya destinasi wisata itu, Tentena semakin ramai dikunjungi para wisatawan lokal dan mancanegara sehingga berdampak pada perekonomian masyarakat. 

Hal ini kata dia, dampaknya sudah dirasakan langsung masyarakat pada Festival Danau Poso selama enam hari beberapa waktu lalu.

"Listriknya jangan mati-mati lagi, ini titipan warga kepada saya," kata Darmin.

Darmin mengakui bahwa proses pembangunan selalu menghadapai berbagai tantangan, apalagi yang bersentuhan langsung dengan kehidupan masyarakat luas.

Baca juga: Kain kulit kayu dari Lore jadi pusat perhatian Festival Danau Poso

Bupati mengatakan destinasi wisata Danau Poso yang sudah melalui tahapan seperti sosialisasi dan dialog dengan berbagai masukan dari masyarakat membuktikan telah terjadi dinamika yang positif menuju perubahan.

Namun kata dia, semua harus berada dalam satu visi yakni terwujudnya Kabupaten Poso damai, adil dan sejahtera di topang dengan sumber daya yang andal dan bermartabat. 

"Saya selaku pimpinan daerah berterimah kasih kepada semua pihak boleh memahami hakekat suatu program ini yang kita lakukan ke depan, tidak lain untuk kepentingan bersama dan untuk kemajuan daerah di masa akan datang," ujarnya. 

Dia meminta kepada semua masyarakat untuk dapat mengawasi jalannya kegiatan ini, dan berharap agar kegiatan ini berjalan lancar dengan tetap memperhatikan ketententuan dan kesepakatan dengan pihak-pihak lain.

Sementara itu, Manajer Proyek PT. Poso Energy, Saharuddin, mengatakan kegiatan pembangunan destinasi tersebut tidak akan menggangu apalagi mencemarkan sungai. 

Dia mengatakan semua alat untuk pembangunan tersebut sudah disiapkan membuktikan bahwa proyek tersebut bisa cepat selesai.

"Jika ini berhasil, destinasi wisata Danau Poso ini akan menjadi destinasi wisata nasional," ujar Saharudin.

Dia tambahkan jika selama ini pihaknya telah menjaga mesin untuk tetap menyala selama 24 jam.***
 
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar