Polres Palu diusul naik jadi Polresta

id Polres, usul, naik

Polres Palu diusul naik jadi Polresta

Kapolres Palu AKBP Moch Sholeh, saat memberi keterangan kepada wartawan ini di ruang kerjanya, di Mapolres Palu, Jumat (3/7/2020) sore.(ANTARA/Sulapto Sali).

Polres Palu induknya Polda, sehingga dari Polres Palu sendiri telah menyiapkan data dan sudah berkoordinasi dengan Karorena Polda Sulteng untuk percepatan dalam kenaikan tipe ini
Palu (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Palu,  Polda Sulawesi Tengah, diusulkan untuk naik dari tipe B menjadi tipe A atau menjadi Polresta Palu.

“Polres Palu induknya Polda, sehingga dari Polres Palu sendiri telah menyiapkan data dan sudah berkoordinasi dengan Karorena Polda Sulteng untuk percepatan dalam kenaikan tipe ini,” kata Kapolres Palu AKBP Moch Sholeh, di ruang kerjanya, di Palu, Jumat petang.

Kapolres mengatakan, saat ini Polres Palu masih dengan status tipe B, sehingga diusulkan untuk bisa naik menjadi tipe A atau menjadi Polresta Palu, seiring dengan perubahan Polda Sulteng yang telah menjadi tipe A.

“Data-data itu sampai saat ini sudah kami penuhi semuanya, dan beberapa hari ke depan tim dari Mabes Polri akan mengecek validitas dan verifikasi data tersebut,” jelasnya.

Kapolres memaparkan, hasil survei yang dilakukan tim Mabes Polri menjadi pertimbangan bagi pimpinan Polri agar Polres Palu bisa menjadi Polresta atau naik tipe yang sebelumnya B menjadi tipe A.

Mantan Kapolres Banggai ini tegaskan, saat ini semua data yang dibutuhkan sudah dipersiapkan, termasuk telaah staf dan koordinasi dengan Polda, khususnya Kapolda Sulteng yang terus mendorong agar kenaikan tipe ini segera terwujud.

“Apabila terwujud, tentunya ini akan berdampak besar kepada masyarakat, karena nantinya personel, anggaran dan fasilitas akan ditambah seiring waktu berdasarkan keadaan ekonomi dan anggaran Kepolisian,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dengan kenaikan tipe Polres Palu menjadi Polresta Palu tentunya akan menambah juga komposisi personel seperti pangkat kemudian peralatan yang akan digunakan.

“Sehingga lebih baik lagi dalam hal pelayanan, memenuhi harapan masyakat, karena kami terus berbenah agar masyarakat bisa aman dalam setiap melakukan kegiatan perekonomian ataupun aktivitasnya tanpa ada rasa takut,” katanya.

Kapolres berharap proses pengusulan kenaikan tipe ini tidak ada halangan, agar pelayanan kepada masyakakat semakin lebih baik lagi.

“Kami mohon dukungan doa dari masyarakat agar prosesnya bisa berjalan lancar demi peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” tandasnya.***