FORKI Sulteng minta atlet latihan sesuai protokol kesehatan

id karate,forki sulteng

FORKI Sulteng  minta atlet  latihan sesuai protokol kesehatan

Para atlet karate salah satu perguruan karate yang ada di Kota Palu, Sulawesi Tengah.(Antara/Anas Masa)

Palu (ANTARA) - Pengurus Provinsi Federasi Olahraga Karatedo Indonesia (FORKI) Sulawesi Tengah meminta atlet untuk tetap melakukan latihan meski di rumah, sesuai dengan protokol kesehatan COVID-19.

"Ini sangat penting untuk dipatuhi agar terhindari dari penyebaran virus corona yang terkenal sangat ganas itu," kata Ketua Pengprov FORKI Sulteng, Yudi di Palu, Sabtu.

Ia mengatakan selama masa pandemi COVID-19 hingga memasuki masa normal baru, program latihan maupun event yang sudah direncanakan untuk dilaksanakan semuanya terpaksa dibatalkan demi kesehatan dan keselamatan jiwa para atlet dan pelatih.

Sebenarnya, kata Yudi, Pengprov FORKI Sulteng yang lama maupun pengurus baru telah menyusun program kerja, termasuk di antaranya pemusatan latihan bagi para atlet yang lolos ke PON XX yang sebelumnya dijadwalkan berlangsung di Papua pada 2020.

Namun, kata dia tiba-tiba saja ada wabah COVID-19 sehingga pemerintah memutuskan untuk menunda pelaksanaan PON XX yang tadinya diselenggarakan pada Otkober 2020 diundur sampai Oktober 2021.

Atas kebijakan tersebut, maka semua program yang sudah disusun dengan sendirinya tidak bisa berjalan karena semua fokus pada bagaimana mengatasi dan memutuskan mata rantai penyebaran virus corona.

Makanya, Pengprov FORKI Sulteng lebih memilih untuk menghentikan semua kegiatan latihan atlet sampai sekarang ini karena virus corona belum berakhir juga.

Pada masa normal baru ini, pemerintah telah memberikan kelonggaran untuk semua akses, termasuk olahraga dibuka kembali, tetapi tetap berpedoman pada protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah melalui gugus tugas COVID-19 di masing-masing daerah.

Karena itu, FORKI Sulteng meminta agar atlet tetap bisa berlatih, tetapi hanya di rumah saja dan menjalankan semua protokol kesehatan. Karena yang sangat penting adalah bagaimana menjaga stamina dan juga kesehatan serta keselamatan jiwa.

Menurut dia, kalau kondisinya sudah benar-benar aman, maka seluruh kegiatan latihan akan berjalan normal seperti biasanya.

Sulteng pada PON XX meloloskan tujuh nomor di cabang karate dengan mengandalkan enam karateka terbaik di daerah ini.

Karate merupakan cabang olahraga yang diunggulkan untuk meraih medali di PON XX Papua pada Oktober 2021. 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar