Disnakertrans Kabupaten Sigi dampingi warga daftar di perusahaan tambang Morut

id Pemkabsigi, tenaga kerja, Disnakertrans Sigi, Sulawesi Tengah, GNI, Sulteng

Disnakertrans Kabupaten Sigi dampingi warga daftar di perusahaan tambang Morut

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sigi Febri (kemeja abu-abu) saat mendampingi Bupati Sigi (tengah) berkunjung ke Kota Palu beberapa waktu lalu. (ANTARA/HO-Pemkab Sigi)

Sigi, Sulteng (ANTARA) -
Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sigi mendampingi warganya yang sedang mengikuti pendaftaran untuk bekerja di perusahaan tambang milik PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) yang beroperasi di Kabupaten Morowali Utara (Morut), Sulawesi Tengah.


 


"Pendampingan terhadap warga yang ingin bekerja di perusahaan pertambangan merupakan bentuk komitmen Pemkab Sigi dalam menciptakan tenaga kerja siap pakai," kata Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Sigi Febrianto di Sigi, Kamis.


 


Ia menjelaskan pendaftaran baru akan dibuka oleh pihak perusahaan terkait pada 21 Februari 2024 bertempat di gedung loka latihan kerja Disnakertrans Sigi.


 


Menurut Febri, pemerintah melalui Disnakertrans tetap membimbing masyarakat sehingga ke depan bisa menjadi pekerja profesional di perusahaan tambang.


 


Peluang ini dinilai sangat bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, hal ini juga perlu diikutkan dengan keterampilan calon pekerja.


 


"Tetap kami dampingi dan diberikan pelatihan non keterampilan yang tentunya sesuai dengan standar perusahaan PT GNI," ujarnya.


 


Ia mengemukakan masyarakat dapat mengikuti seleksi di PT GNI dengan beberapa persyaratan yakni laki-laki berusia 18-40 tahun, Pendidikan minimal SMA/SMK, sehat jasmani dan rohani,


jujur, disiplin, bertanggungjawab, bisa membaca dan menulis, siap bekerja di bawah tekanan, serta ditempatkan di site Morowali Utara.


 


Sedangkan untuk kelengkapan dokumen pendaftaran yakni melampirkan fotocopy KTP-el berwarna, kartu keluarga, ijazah terakhir, NPWP, AK 1, SKCK, foto ukuran 2x3 1 lembar, surat keterangan berbadan sehat, fotocopy sertifikat pengalaman bekerja.


 


"Syarat-syarat formal ini harus dipenuhi pelamar. Kami berharap pada proses perekrutan ini banyak warga Sigi lulus sehingga ke depan mereka dapat memperbaiki ekonomi keluarga," tutur Febri.


 


Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Sigi, penduduk di kabupaten itu berjumlah 266.812 jiwa dengan laju pertumbuhan 1,96 persen.


 


Penduduk laki-laki sebanyak 136.677 orang dan perempuan adalah 130.135 orang.*