Tingkat partisipasi pemilih di Sulteng lampaui target nasional

id Partisipasi pemilih, pemilu, pemilihan umum, kpusulteng, nisbah, pesta demokrasi, perolehan suara,Sulteng

Tingkat partisipasi pemilih di Sulteng lampaui target nasional

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Sulteng Nisbah memberikan keterangan terkait proses rekapitulasi perolehan suara tingkat provinsi. ANTARA/Moh Salam.

Palu (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebutkan tingkat partisipasi pemilih di Provinsi Sulawesi Tengah pada Pemilu 2024 melampaui target nasional 80 persen.

"Tingkat partisipasi pemilih Sulawesi Tengah berada di angka 81,48 persen," kata Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Sulteng Nisbah saat dihubungi dari Palu, Jumat.

Ia menjelaskan dari 13 kabupaten/kota di provinsi itu rata-rata tingkat partisipasi pemilih di angka 80 persen ke atas, kecuali Kabupaten Tolitoli hanya 79 persen dan Kabupaten Poso 77 persen.
 
Selain itu daerah tertinggi tingkat partisipasi di Sulteng yakni Kabupaten Banggai Laut dengan angka 86 persen, meningkatnya partisipasi tidak terlepas peran semua pihak yang menyukseskan agenda lima tahunan pemerintah (pemilu).
 
"Dibanding partisipasi Pemilu 2019 peningkatannya sangat signifikan dari angka 78 persen," ujarnya.
 
Dari presentasi itu, katanya, secara tidak langsung antusias wajib pilih datang ke TPS menyalurkan hak konstitusinya tinggi dengan hasil pemilu yang berjalan lancar dan damai.
 
Selain itu hal ini juga buah dari hasil kerja keras penyelenggaraan teknis pada masing-masing satuan kerja (satker) di tingkat kabupaten/kota, dan dukungan semua pihak.
 
"Kami berterima kasih kepada pemangku kepentingan, lembaga/organisasi, para tokoh masyarakat maupun peserta pemilu yang telah menjaga kualitas demokrasi," tutur Nisbah.
 
Ia menambahkan pada pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) nanti pihaknya juga mengupayakan partisipasi pemilih meningkat.

KPU Sulteng menargetkan tingkat partisipasi Pilkada 2024 di angka 80 persen, untuk mencapai presentasi itu diharapkan keterlibatan semua pihak ikut menyukseskan pesta demokrasi nanti.