KPU Palu luncurkan mobil pintar Pemilu tingkatkan partisipasi pemilih

id KPU Kota Palu ,Sosialisasi partisipasi pemilih ,Sulawesi Tengah ,Mobil pintar Pemilu ,Kota Palu

KPU Palu luncurkan mobil pintar Pemilu tingkatkan partisipasi pemilih

KPU Kota Palu meluncurkan mobil pintar Pemilu untuk meningkatkan partisipasi masyarakat di Palu, Jumat (13/9/2024). (ANTARA/HO-Dhila)

Palu (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, Sulawesi Tengah, meluncurkan 'mobil pintar pemilu' dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di daerah ini.
 


"Peluncuran mobil pintar pemilu bertujuan untuk menyosialisasikan terkait Pilkada dan informasi kepemiluan kepada masyarakat," kata Komisioner KPU Kota Palu Iskandar Lembah di Palu, Sabtu.


 


Ia menjelaskan mobil pintar pemilu ini beroperasi untuk memberikan informasi dan sosialisasi kepada masyarakat terkait Pilkada mulai pada 14 September sampai hari H Pilkada 2024.


 


KPU Kota Palu, kata dia, meluncurkan empat mobil pintar yang akan bertugas dalam empat daerah pemilihan (dapil), meliputi Dapil 1 Kota Palu, yakni Kecamatan Mantikulore dan Palu Timur, Dapil 2 Kecamatan Tawaeli dan Palu Utara, Dapil 3 Kecamatan Palu Selatan dan Tatanga, serta Dapil 4 Kecamatan Palu Barat dan Ulujadi.


 


"Kami menyerahkan mobil ini berbasis dapil. Dalam satu dapil akan bergantian dalam menggunakan mobil ini untuk memberikan informasi seputar kepemiluan dan tahapan Pilkada," ujarnya.


 


Ia menyebut mobil ini nantinya beroperasi di tempat-tempat ramai masyarakat dan menjangkau delapan kecamatan di Kota Palu.


 


Iskandar mengatakan kehadiran mobil pintar ini menjadi wujud komitmen KPU Kota Palu dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilkada 2024 ini.


 


Ia berharap dengan upaya ini, dapat meningkatkan partisipasi pemilih Kota Palu mencapai 78 persen pada Pilkada ini. Untuk itu, dia juga mengajak masyarakat agar menggunakan hak pilihnya pada 27 November mendatang.