KPU Donggala: debat publik guna tingkatkan partisipasi pemilih

id Kabupaten Donggala ,Sulawesi Tengah ,KPU Donggala ,Komisi Pemilihan Umum ,Debat Publik

KPU Donggala: debat publik guna tingkatkan partisipasi pemilih

Lima pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Donggala mengikuti debat publik pertama di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (24/10/2024). (ANTARA/Moh Salam)

Donggala, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah menyatakan pelaksanaan debat publik dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024.
 


Ketua KPU Kabupaten Donggala Nurbia di Kota Palu, Kamis, mengatakan debat publik merupakan inisiatif yang penting dan dirancang guna memperkuat partisipasi masyarakat dalam proses demokrasi di wilayah itu.


 


"Tentunya dengan debat ini memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat Kabupaten Donggala dalam menentukan pemimpin yang akan menakhodai Donggala lima tahun mendatang," kata Nurbia.


 


Ia mengemukakan pelaksanaan debat pertama ini dengan tema "Meningkatkan Pelayanan dan Kesejahteraan Kepada Masyarakat".


 


"Debat publik antar paslon ini merupakan salah satu metode kampanye yang difasilitasi oleh KPU Kabupaten Donggala, sehingga diharapkan seluruh masyarakat Donggala dapat menyaksikan dan menyimak penyampaian visi misi serta program paslon terutama bagi 223.942 pemilih yang tersebar di 167 Kelurahan/Desa dan 16 Kecamatan di Kabupaten Donggala," ucapnya.


 


Kata dia, setiap paslon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Donggala dalam momentum ini dapat menawarkan dan mengelaborasi visi misi serta programnya sesuai tema yang sudah ditetapkan.


 


"Kami berharap kepada seluruh pemilih untuk lebih mengenal dan memahami visi misi serta program masing-masing paslon Bupati dan Wakil Bupati Donggala sebagai rujukan untuk memilih pemimpin yang paling mumpuni dan siap membawa Kabupaten Donggala menjadi satu dari daerah unggul yang ada di Sulawesi Tengah," ujarnya. 


 


KPU Kabupaten Donggala melaksanakan debat publik sebanyak tiga kali yaitu tanggal 24 Oktober 2024 dengan tema "Meningkatkan Pelayanan dan Kesejahteraan kepada Masyarakat".


 


Selanjutnya debat kedua dilaksanakan tanggal 7 November 2024 dengan tema "Memajukan dan Menyerasikan Pelaksanaan Pembangunan Daerah Kabupaten/Kota dan Provinsi Dengan Nasional", serta debat terakhir bertemakan "Menyelesaikan Persoalan Daerah dan Memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Kebangsaan" tanggal 14 November mendatang. 


 


Sebelumnya KPU Kabupaten Donggala sudah menetapkan lima pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada 2024 yaitu nomor urut satu Rahmad M Arsyad dan Abd Rasyid, nomor urut dua Idham Pagaluma dan Abdul Aziz dan nomor urut tiga yaitu Vera Elena Laruni dan Taufik M Burhan. 


 


Kemudian untuk nomor urut empat paslon Widya Kastrena dan Arwin serta nomor urut lima yaitu Moh Yasin dan Syafiah.