Bupati Poso ke Tentena, Sekda ke Dongi-Dongi tinjau pos COVID-19

id pos-covid

Bupati Poso ke Tentena, Sekda ke Dongi-Dongi tinjau pos COVID-19

Bupati Poso selaku Ketua Gugus Tugas Pencegahan COVID-19 Kabupaten Poso bersama Ketua DPRD Poso menyerahkan bantuan alat pelindung diri (APD) kepada tenaga kesehatan dan para medis di RSU Sinar Kasih GKST Tentena. (Foto Antara/Humas Kab Poso)

Poso (ANTARA) - Bupati Poso selaku Ketua Gugus Tugas Pencegahan COVID-19 Kabupaten Poso bersama Ketua DPRD Poso menyerahkan bantuan alat pelindung diri (APD) kepada tenaga kesehatan dan para medis di RSU Sinar Kasih GKST Tentena.

Bupati Poso mengatakan dalam menghadapi polemik ini harus Sintuwu Maroso tidak perlu saling menyalahkan, lebih baik kita bersatu berbuat yang terbaik daripada tidak melakukan apa-apa, tapi hanya menyalahkan apa yang orang sudah perbuat.

Bupati menambahkan saat ini Pemkab Posoberusaha melakukan semua prosedur serta instruksi dari pemerintah pusat untuk pencegahan dan pengendalian penyebaran virus COVID-19 dan juga memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan dan medis yang menjadi garis terdepan, namun yang menjadi masalah saat ini ialah langkanya APD bukan hanya di daerah Poso, tetapi di seluruh tempat yang terkena dampak virus corona itu.

Darmin juga berharap dalam menyikapi hal ini tidak boleh panik, tetapi tetap waspada dengan menjalankan semua instruksi pemerintah.

Bupati juga memerintahkan kepada para camat, lurah dan kepala desa untuk membantu pemerintah dalam mensosialisasikan ke masyarakat tentang COVID-19.

Setelah mebyalurkan bantuan APD, Bupati Poso bersama Ketua DPRD Poso juga meninjau situasi dan kondisi Pasar Siwagi Lemba Tentena untuk memastikan ketersediaan kebutuhan bahan pokok bagi masyarakat setempat. (Rahmat Topan)


Sekda Poso tinjau Desa Dongi-Dongi

Setiap hari orang Indonesia yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona kian bertambah. Hal itulah yang menjadi pertimbangan Pemerintah Kabupaten Poso untuk menerapkan kebijakan yang lebih efektif menekan pertambahan orang yang terinfeksi virus corona melalui pembatasan pergerakan arus kendaraan dan penumpang dengan cara pemeriksaan dan pengecekan kesehatan di setiap pintu masuk perbatasan wilayah Kabupaten Poso.

Untuk memastikan kesiapan pelayanan kepada masyarakat dalam pencegahan penyebaran virus corona atau COVID-19 di Kabupaten Poso, Sekretaris Daerah Kabupaten Poso Yan Edward Guluda, SH, MH didampingi Kaban Kesbang, Kabag Keungan dan Aset serta Sekretaris Dinas Perhubungan dan Sekretaris Bapelitbangda meninjau langsung wilayah perbatasan di Desa Dongi Dongi Kecamatan Lore  Utara sebagai pintu masuk dari Kabupaten Sigi ke Kabupaten Poso, Minggu (1/4/2020).

Sekretaris Daerah Kabupaten Poso menyampaikan bahwa kita harus sudah siaga darurat atau tanggap darurat Covid-19, sehingga diharapkan komitmen dan kerja sama serta kekompakan dibutuhkan dalam menanggulangi penyebaran virus corona ini, dan juga diharapkan kepada petugas untuk memastikan setiap kendaraan atau orang yang masuk diwajibkan untuk mengecek kesehatannya terlebih dahulu.

Dalam peninjauan itu Sekretaris Daerah Kabupaten Poso memberikan bantuan alat pelindung diri (APD) yang terdiri dari masker, pakaian pengaman, alat semprot, antiseptik dan disinfektan serta beberapa kebutuhan lainya. Hal ini dilakukan sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah setempat terhadap para petugas yang berjaga di perbatasan.

Pemberian bantuan dan pengecekan yang dilakukan pemerintah daerah di wilayah perbatasan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan yang dilakukan Bupati Poso Kolonel Marinir (purn) Darmin Agustinus Sigilipu pada hari Sabtu (28/3/2020) di Desa Pancasila Kecamatan Pamona Timur dan Desa Barati Kecamatan Pamona Tenggara yang berbatasan dengan Kabupaten Morowali Utara serta Kecamatan Pamona Selatan di Desa Mayoa yang berbatasan dengan Provinsi Sulawesi Selatan.

Selanjutnya pada hari Senin (30/3/2020) di Desa  Tumora Kecamatan Poso Pesisir Utara yang berbatasan dengan Kabupaten Parigi Moutong dan di Desa Malei Kecamatan Poso Kota Selatan yang berbatasan dengan Kabupaten Tojo Una una.

Kehadiran pemerintah ini selain mennyalurkankan bantuan APD, juga memberikan semangat kepada para petugas sebagai garda terdepan dalam upaya penangulangan penyebaran COVID-19. (Utam Gatot)
Pewarta :
Editor : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar