Peringati hari pelanggan nasional, BPJS Kesehatan beri bingkisan kepada peserta JKN

id Bpjs kesehatan, hari pelanggan, Rumondang Pakpahan, palu, JKN, peserta JKN, sulteng

Peringati hari pelanggan nasional, BPJS Kesehatan beri bingkisan kepada peserta JKN

Petugas BPJS Kesehatan Cabang Palu memberikan bingkisan kepada peserta JKN. ANTARA/HO-BPJS Kesehatan Cabang Palu

Palu (ANTARA) -
 


Sebagai bentuk perhatian terhadap peserta JKN yang mengakses layanan kepesertaan, BPJS Kesehatan memberikan bingkisan berupa sekotak snack dan setangkai bunga kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang datang ke kantor cabang, pada Senin (04/09). 


 


Hal tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional yang diperingati setiap tanggal 4 September. 


 


Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palu, HS Rumondang Pakpahan mengungkapkan bahwa Hari Pelanggan Nasional juga sebagai pengingat dan dorongan BPJS Kesehatan dan fasilitas kesehatan untuk senantiasa memberikan pelayanan yang bermutu bagi seluruh peserta JKN. 


 


Apalagi saat ini BPJS Kesehatan sedang fokus dalam upaya peningkatan mutu layanan demi memberikan kepuasan kepada peserta.


 


“Perayaan ini serentak dilakukan se Indonesia, tujuannya untuk memberikan apresiasi kepada masyarakat atas kepercayaannya terhadap program JKN, selain itu juga untuk meningkatkan mutu layanan kepada pesert JKN dan memastikan kemudahan pelayanan kesehatan melalui Program JKN yaitu mudah, cepat dan setara,” ucapnya.


 


Rumondang juga menyampaikan, pemenuhan sarana prasarana di ruang pelayanan juga menjadi perhatian, Frontliner dan Satuan Pengamanan juga rutin diberikan pembekalan, agar dapat memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan pedoman pelayanan prima kepada peserta JKN karena hal tersebut merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan mutu layanan.


 


“Peningkatan mutu layanan harus secara keseluruhan, baik di internal BPJS Kesehatan maupun di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Sehingga perayaan Hari Pelanggan Nasional ini juga sebagai momentum untuk melakukan perbaikan layanan, terus meningkatkan mutu layanan, keakuratan data peserta, kemudahan layanan, kecepatan layanan dan kenyamanan layanan. Kami berharap seluruh peserta dapat selalu terlayani dengan baik dan mendapatkan kemudahan ketika mengakses layanan di Kantor BPJS maupun di fasilitas kesehatan yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” ujarnya.


 


Amalia (20), merupakan salah satu peserta JKN yang berkunjung ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Palu untuk melakukan penambahan peserta. Ia mengaku sangat senang karena hari ini mendapakan informasi penting terkait program JKN.


 


“Saya dijelaskan terkait dengan pelayanan administrasi yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Bisa melalui pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (Pandawa 08118165165), Care Center 165 dan Aplikasi Mobile JKN. Saya sudah mengunduh aplikasinya, ternyata sangat mudah digunakan,” cerita Lia.


 


Ia mengaku sudah kesekian kalinya datang ke Kantor BPJS Kesehatan, kadang ikut menemani keluarganya untuk melakukan pendaftaran. Ia menilai petugas yang melayani sangat ramah dan informatif, sehingga peserta tidak segan untuk bertanya.


 


“Mulai dari satpam hingga petugas loketnya, semua ramah. Ternyata pengurusan BPJS Kesehatan bisa online juga. Yang saya takjub, di aplikasi tersebut, bisa mengecek ketersediaan tempat tidur yang ada di rumah sakit dan pendaftaran antrean online. Karena ada pengalaman yang kurang baik terkait hal itu. Ibu saya ditolak oleh rumah sakit karena alasan penuh sehingga kami harus keliling untuk mencari rumah sakit yang tersedia. Dengan Aplikasi Mobile JKN, semua bisa diakses,” ungkapnya.


 


Lia merupakan salah satu peserta yang beruntung yang mendapatkan cinderamata dari  BPJS Kesehatan Cabang Palu yang turut berpartisipasi di saat itu.


 


“Kedepannya saya tidak perlu datang lagi ke Kantor BPJS Kesehatan untuk pengurusan administrasi, cukup melalui Aplikasi Mobile JKN saja. Saya berharap BPJS Kesehatan terus hadir memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat khususnya di rumah sakit. Kepuasan peserta akan layanan yang diberikan akan mempengaruhi kepatuhan masyarakat membayar iuran JKN. (tm/nh)