Presiden diagendakan menyaksikan langsung gladi bersih upacara di IKN

id Presiden Jokowi, gladi bersih, HUT Ke-79 RI, HUT RI di IKN, upacara HUT RI,i

Presiden diagendakan menyaksikan langsung gladi bersih upacara di IKN

Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana saat menyampaikan keterangan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (8/8/2024). (ANTARA/Mentari Dwi Gayati).

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyaksikan secara langsung kegiatan gladi bersih penyelenggaraan Upacara HUT Ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, pada 14 Agustus 2024.

Hal itu dikabarkan oleh Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis siang.

"Bapak Presiden akan melihat secara langsung gladi bersih peringatan detik-detik kemerdekaan," katanya.

Kegiatan gladi bersih dalam rangka latihan terakhir sebelum upacara HUT RI di IKN, kata Yusuf, akan memperlihatkan kesiapan penyelenggara mulai dari tata upacara hingga penampilan kesenian dan budaya yang dilaksanakan secara hybrid.

Presiden Jokowi diagendakan melihat langsung pelaksanaan gladi bersih di Lapangan Upacara Istana Negara IKN.

Berdasarkan laporan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) lapangan, rumput hingga podium di kawasan Istana Negara IKN telah siap digunakan sebagai tempat upacara pada 17 Agustus 2024.

Selain itu, embung di bagian kiri dan kanan lapangan telah dibersihkan dan telah terisi air.

Usai menyaksikan langsung gladi bersih di lokasi tersebut, kata Yusuf, Presiden langsung bertolak menuju Jakarta pada sore hari untuk menghadiri Upacara Penganugerahan Tanda Kehormatan di Istana Negara Jakarta.

"Setelah gladi bersih, pulang ke Jakarta, sore harinya beliau akan memberikan tanda kehormatan RI," katanya.