Pemkot perkuat pelayanan kesehatan di dusun terpencil

id Royke Abraham

Kepala Dinas Kesehatan Palu Dokter Royke Abraham (Ist)

Tidak hanya bidan, tetapi juga dokter spesial kami turunkan ke dusun terpencil
Palu, (Antaranews Sulteng) - Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah, terus memperkuat pelayanan kesehatan di dusun-dusun terpencil dengan menyediakan dokter dan bidan guna memaksimalkan pelayanan dasar kepada masyarakat setempat.

"Kami mengatur jadwal untuk menurunkan bidan. Tidak hanya bidan, tetapi juga dokter spesial kami turunkan ke dusun terpencil," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu, dr Royke Abraham, di Palu, Senin.

Di Kota Palu masih terdapat beberapa titik terpencil antara lain Salena dan Uwentumbu. Daerah tersebut masih sulit dijangkau berbagai akses pelayanan dasar termasuk pelayanan kesehatan.

Kata Royke, Dinas Kesehatan akan mendatangi masyarakat di dusun/wilayah terpencil di Kota Palu, bila masyarakat tidak dapat mengunjungi Puskesmas atau rumah sakit terdekat.

Di dusun terpencil, sebut dia, pihaknya akan memberikan pelayanan dan pendimpingan kesehatan termasuk kepada ibu hamil yang akan di desa.

Dengan begitu, kata dia, masalah kesehatan yang dialami masyarakat khususnya yang bersifat emergency dapat tertangani.

"Banyak problem yang emergency mengenai kesehatan di masyarakat. Salah satunya adalah mengenai ibu hamil, karena itu perlu pendampingan langsung di dusun terpencil," ujarnya.

Pihaknya juga, kata dia, menyediakan beberapa dokter spesialis yang selalu siap siaga di Puskesmas untuk menangani hal-hal yang emergency.

"Kami upayakan dokternya selalu ada sebelum pasien datang ke Puskesmas. Selain itu kami juga menggenjot sarana prasarana agar pelayanan dapat berjalan dengan baik dan maksimal," terangnya.

Pemerintah Kota Palu dibawah kepemimpinan Hidayat/Sigit Purnomo Said saat ini membuka pelayanan kesehatan di Puskesmas sampai malam hari.

Hal ini sebagai langkah kongret pemerintah kota dalam menangani masalah kesehatan.

 
Pewarta :
Editor: Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar