UGM Kembangkan Melon Tahan Segala Cuaca

id melon, ugm, cuaca

UGM Kembangkan Melon Tahan Segala Cuaca

(FOTO ANTARA/ Andreas Fitri Atmoko)

Yogyakarta (antarasulteng.com) - Laboratorium Genetika Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta mengembangkan melon yang tahan terhadap kondisi cuaca ekstrem yang diberi nama Melodi Gama 3.

"Kultivar Melodi Gama (MG) 3 berhasil dipanen dengan baik, meskipun kondisi cuaca pada akhir-akhir ini kurang kondusif bagi tanaman melon (Cucumis melo L)," kata koordinator tim peneliti Budi S Daryono, di Yogyakarta, Selasa.

Hal itu, menurut dia, terbukti saat panen MG 3 di lahan milik Kebun Pendidikan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (KP4) UGM. Potensi produksi MG 3 itu bisa mencapai 40 ton per hektare.

"Hasilnya terlihat bahwa kultivar MG 3 terbukti tahan terhadap kondisi cuaca ekstrem seperti intensitas hujan yang cukup tinggi sehingga dapat menghasilkan panen yang cukup baik," katanya.

Ia mengatakan, intensitas hujan yang relatif tinggi akan berdampak buruk bagi perkembangan tanaman melon dan bisa mengakibatkan gagal panen karena tanaman melon seharusnya cocok ditanam pada musim kemarau.

"Selain di KP4, saat ini MG 3 sedang dilakukan uji multilokasi dan multimusim di daerah dataran tinggi yang terletak di Magetan, Jawa Timur, dan daerah pantai gumuk pasir di Kebumen, Jawa Tengah, untuk mengetahui sifat ketahanannya terhadap perubahan cuaca, hama, dan penyakit tanaman," katanya.