257 CPNS Morut selesai ikuti Latsar, Bupati Delis ingatkan makna ASN BerAKHLAK

id Morut

257 CPNS Morut selesai ikuti Latsar, Bupati Delis ingatkan makna ASN BerAKHLAK

Bupati Morut Delis J Hehi di Kantor Diklat TTG Desa Tompira, Petasia Timur, Jumat sore (16/12/2022). ANTARA/HO- MCDD Pemda Morut

Kolonodale, Sulteng (ANTARA) - Pelatihan dasar (Latsar) CPNS Kabupaten Morowali Utara (Morut) resmi ditutup oleh Bupati Morut Delis J Hehi di Kantor Diklat TTG Desa Tompira, Petasia Timur, Jumat sore (16/12/2022).

Latsar yang berlangsung sejak September 2022 diikuti sebanyak 257 peserta dan semuanya dinyatakan lulus dengan baik.

Dalam sambutannya, Bupati Delis mengungkapkan dua hal penting pada momen penutupan Latsar tersebut.

Pertama, peserta Latsar ini merupakan orang-orang terpilih dan berprestasi. Oleh karena itu pantas berbangga dan memanfaatkan pelatihan ini dengan baik.

"Kalian merupakan orang-orang yang terpilih dari proses seleksi yang ketat dari ribuan orang tang mengikuti test penerimaan CPNS. Jadi jangan sia-siakan kesempatan ini," tutur bupati.

Kedua, pelaksanaan Latsar ini telah berlangsung dengan baik, dan menghasilkan kader-kader baru PNS di lingkungan Pemkab Morut.

Itu berarti, kata Delis, Sebanyak 257 peserta ini merupakan orang-orang terpilih dan terbaik untuk memegang amanah sebagai PNS generasi baru.

"Untuk itu saya ucapkan selamat datang, selamat mengabdi untuk daerah, masyarakat dan negara. Jadilah contoh dan penyemangat di mana pun kalian bertugas," pesan Bupati Delis.

Ia juga secara khusus menguraikan core values ASN yang patut dihayati dan diimplementasikan dalam kerja setiap hari. 

Core values yang dimaksud adalah ASN BerAKHLAK yang merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. 

Ia menegaskan bahwa pelayanan berbasis akuntabel yakni setiap ASN harus menyiapkan tenaga dan waktunya secara total dan bertanggung jawab.

Begitupun aspek manajerial dan kompetensi harus terus dikembangkan seiring dengan perkembangan zaman yang bergerak begitu cepat.

"Jangan berpuas diri. Kembangkan terus kompetensi dan prestasi, berekreasi dan berinovasi," tambah bupati.

Kegiatan penutupan Latsar ini turut dihadiri Ketua DPRD Morut Hj Megawati Ambo Asa, Kabid Pengembangan Kompetensi Manajerial dan Fungsional Badan PSDM Provinsi Sulteng Mohamad Fadly, SH, MSi, serta beberapa pejabat lainnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian dan PSDM Morut Drs. Nimrod Tandi, M.Si, melaporkan berdasarkan evaluasi selama Latsar berlangsung, maka diputuskan sepuluh terbaik tiap angkatan.

Peserta terbaik pada kegiatan Latsar tersebut sebagai berikut:

Angkatan 111, terbaik pertama a/n. dr. Cecilia evangelista Niluh
Angkatan 112, terbaik pertama a/n. dr. Mawar Handayani
Angkatan 113, terbaik pertama a/n. Cristofel Putra Pratama
Angkatan 116 terbaik pertama a/n. dr. Adian Aldo Rantung
Angkatan 35, terbaik pertama a/n. Destiano Prasetyo
Angkatan 44, terbaik pertama a/n. Desy Rahayu
Angkatan 45, terbaik pertama a/n. Iqbal Hasyim Amin, SE.