Palu ajak PDGI edukasi anak jaga kesehatan gigi dan mulut

id Pemkotpalu, PDGI, walikotapalu, Hadianto Rasyid, sulteng

Palu ajak PDGI edukasi anak jaga kesehatan gigi dan mulut

Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid menyampaikan arahannya pada kegiatan HUT Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) ke-73 cabang Palu, Sabtu (21/1/2023). ANTARA/HO-Humas Pemkot Palu

Palu (ANTARA) -
Pemerintah Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, mengajak Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Palu mengedukasi anak untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut guna mewujudkan masyarakat sehat.

 

"Peran organisasi profesi ini sangat membantu pemerintah mengampanyekan isu-isu kesehatan, supaya masyarakat lebih sadar dan peduli terhadap kesehatan mereka," kata Wali Kota Palu Hadianto Rasyid saat menghadiri Peringatan HUT Ke-73  PDGI Kota Palu di Palu, Sabtu.

 

Menurut dia, momen HUT ini perlu dimasifkan sosialisasi tentang kesehatan gigi kepada anak usia sekolah, dan senantiasa menjalankan perannya dengan baik, terkhusus dalam transformasi kesehatan menghadapi tantangan global.

 

Karena, dokter gigi sebagai salah satu profesi sekaligus elemen intelektual yang turut mengemban amanah pembangunan bangsa, selain itu dokter gigi juga dituntut untuk secara kritis mampu terlibat aktif dalam upaya pembangunan nasional melalui proses pengabdian profesi dan pengembangan ilmu pengetahuan yang diiringi pula dengan kerja nyata di lingkungan masyarakat.

 

"Pemkot Palu dalam program kerjanya ingin mewujudkan Palu sehat dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan, salah satunya pemeriksaan kesehatan gratis lewat program Jumat Palu sehat," ujarnya.

 

Wali Kota mengemukakan lewat kegiatan prioritas kesehatan tersebut dengan kegiatan pokok yaitu pemeriksaan kesehatan oleh dokter, pengobatan, pemeriksaan tekanan darah dan gula darah, pemeriksaan kesehatan bagi lansia, pemeriksaan kesehatan kerja bagi padat karya, pemeriksaan ibu hamil, serta penyuluhan dan konseling.

 

Melalui pelayanan kesehatan gratis ini, Pemkot Palu berupaya melakukan pendekatan dan pemerataan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dalam meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan kepada masyarakat berdasarkan wilayah kelurahan masing-masing.

 

"Program-program kami laksanakan merupakan bentuk inovasi dari instansi terkait, karena untuk memajukan pelayanan dibutuhkan satu konsep yang riil dan berdampak langsung terhadap masyarakat," tuturnya.

 

Ia menambahkan layanan dasar ini untuk mempercepat penurunan angka kesakitan dan kematian ibu dan anak serta pelayanan kesehatan lansia yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kota Palu.

 

"Kami berharap masyarakat memanfaatkan secara maksimal program yang sudah dicetuskan pemerintah," demikian Hadianto.