Pemkot Palu gandeng PDGI tingkatkan pelayanan kesehatan masyarakat

id Pemkotpalu, wawalipalu, Reny Lamadjido, PDGI, dokter, kesehatan, Sulteng

Pemkot Palu  gandeng PDGI tingkatkan pelayanan kesehatan masyarakat

Wakil Wali Kota Palu, Reny A Lamadjido (kiri) menyampaikan sambutannya dalam acara musyawarah daerah dan seminar ilmiah Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Palu, di Palu, Sabtu (16/72022). ANTARA/HO-Humas Pemkot Palu

Palu (ANTARA) -
Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah menggandeng Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Palu turut serta membantu pemerintah dalam meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat di daerah tersebut.
 
"Sektor kesehatan merupakan salah satu pelayanan dasar yang wajib diberikan pemerintah kepada masyarakat, oleh karena itu organisasi profesi pada bidang kesehatan memiliki tanggung jawab memenuhi hak-hak masyarakat," kata Wakil Wali Kota Palu Reny A Lamadjido dalam acara musyawarah cabang dan seminar ilmiah (PDGI) cabang Palu, di Palu, Sabtu.
 
Menurut dia, PDGI memiliki peran penting dalam pembangunan kesehatan dan pengabdian masyarakat di era industri 4.0, sebab penyelenggaraan pelayanan sektor kesehatan tidak akan berjalan baik tanpa dukungan para pihak yang terkait langsung.
 
Oleh karena itu, sebagai wadah berhimpunnya dokter spesialis gigi berbasis keilmuan, kompetensi, disiplin kode etik dan pelayanan masyarakat, maka pelaksanaan profesi dituntut untuk memberikan pelayanan kesehatan yang prima sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
 
"Organisasi profesi bidang kesehatan sangat beragam, maka peran perhimpunan ini juga diharapkan dapat mengedukasi masyarakat saat para anggota melaksanakan tugas di Rumah Sakit maupun di tempat-tempat praktek mereka," ujar Reny.
 
Ia mengemukakan, dalam meningkatkan pelayanan, dokter spesialis juga dituntut melakukan pengembangan kapasitas dan keterampilan dalam peningkatan profesionalisme kerja sesuai standar kompetensi dokter gigi.
 
Pemkot Palu juga berharap, PDGI mampu menjadi motor penggerak peningkatan kualitas dan kompetensi dalam menjawab tuntutan zaman, serta menjadi pelopor dalam meningkatkan kualitas dan sebaran pelayanan kesehatan gigi dan mulut secara luas kepada masyarakat.
 
"Lewat musyawarah ini diharapkan tercipta program-program kerja yang berkesinambungan dengan pemerintah, serta dapat melakukan terobosan dan inovasi menghadapi perubahan zaman yang sangat dinamis," tutur Reny.
 
Ia menambahkan, sebagai mana program prioritas pemerintah setempat menjadikan Palu sebagai kota cerdas atau smart city menuju kota maju, maka semua pihak diminta mendukung upaya tersebut, tidak terkecuali sektor kesehatan.
 
"Tujuan program kami cetuskan ini salah satunya erat kaitannya dengan optimalisasi pelayanan publik guna memudahkan masyarakat mengakses informasi diberbagai bidang," demikian Reny.