TNI AL tingkatkan status Lanal Balikpapan seiring pemindahan ibu kota

id Kasal Muhammad Ali,Laksamana Muhammad Ali,IKN Ibu kota,ibu kota nusantara,lanal balikpapan,kodamar IKN,markas TNI AL,pem

TNI AL tingkatkan status Lanal Balikpapan seiring pemindahan ibu kota

Arsip - Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali. ANTARA/Gilang Galiartha.

Jakarta (ANTARA) - TNI Angkatan Laut (AL) berencana meningkatkan status Pangkalan TNI AL (Lanal) Balikpapan di Kalimantan Timur menjadi Komando Daerah Maritim (Kodamar) Tipe A yang dipimpin oleh perwira tinggi berpangkat Laksamana Muda (bintang dua).

Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Muhammad Ali saat berkunjung ke Lanal Balikpapan pekan ini menyampaikan rencana itu sejalan dengan pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN) yang terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara di Kalimantan Timur.

“Wilayah Balikpapan memiliki sumber daya alam dan energi yang cukup melimpah, sehingga keberadaan satuan TNI AL harus dapat memberikan kontribusi positif bagi pembangunan nasional bangsa Indonesia,” kata Kepala Staf TNI AL sebagaimana dikutip dari siaran resmi Dinas Penerangan TNI AL yang diterima di Jakarta, Kamis.

Laksamana Ali menjelaskan bahwa peningkatan status itu juga karena secara geografis Lanal Balikpapan berhadapan langsung dengan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II yang merupakan wilayah perairan terbuka, sehingga perlu ada peran aktif TNI AL dalam mengamankan kapal-kapal yang melintas.

"Rencana itu juga menjadi langkah antisipasi berbagai kerawanan dan ancaman yang mungkin terjadi di perairan tersebut," ujar Kepala Staf TNI AL ini.

Dalam kunjungan ke Lanal Balikpapan itu, Kepala Staf TNI AL juga mengingatkan para prajurit agar tetap bekerja secara profesional sesuai tugas pokok dan fungsi mereka.

"Jadikan kehadiran TNI AL di wilayah ini bermanfaat, baik itu bagi pemerintah daerah maupun masyarakat khususnya di wilayah Balikpapan,” kata Laksamana Ali.

Kepala Staf TNI AL pada 22–23 Agustus 2023 berkunjung ke beberapa daerah di Kalimantan Timur untuk meninjau pembangunan Dermaga Pantai Melawai yang nantinya menjadi Markas Komando Daerah Maritim (Kodamar) TNI AL. Di tempat itu, TNI AL berencana menempatkan sejumlah kapal perangnya (KRI) untuk menjaga perairan sekitar IKN.

Dalam rangkaian yang sama, Laksamana Ali, didampingi sejumlah pejabat tinggi Markas Besar TNI AL juga meninjau lokasi yang diproyeksikan sebagai Markas Besar TNI Angkatan Laut (Mabesal) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara.