Dokter Syiah di Pakistan Ditembak Mati

id dokter, pakistan, tembak

Dokter Syiah di Pakistan Ditembak Mati

(reuters)

Peshawar, Pakistan (antarasulteng.com) - Sejumlah penyerang bersenjata Rabu menembak mati seorang dokter Syiah yang juga anggota Partai Rakyat Pakistan (PPP) di Peshawar, Pakistan baratlaut, kata polisi.
           
Riaz Hussein adalah ketua PPP cabang Kuram. salah satu dari tujuh daerah semi-otonomi yang membentuk kawasan suku di perbatasan dengan Afghanistan.
           
Ia dibunuh ketika meninggalkan klinik tempat kerjanya di Peshawar dan polisi mengisyaratkan bahwa itu merupakan pembunuhan sektarian bertarget -- yang hampir tidak pernah terjadi di kota itu namun semakin sering di daerah-daerah lain Pakistan.
           
"Orang-orang bersenjata menembaki mobil Hussein ketika ia meninggalkan kliniknya. Tampaknya, ia menjadi korban pembunuhan sektarian bertarget," kata pejabat kepolisian setempat Kamal Hussein kepada AFP, menunjuk pada gelombang kekerasan yang ditujukan pada orang-orang Syiah di Pakistan.
           
Seorang polisi lain mengkonfirmasi serangan tersebut.
           
"Kami telah memulai penyelidikan atas pembunuhan Dokter Riaz Hussein. Tampaknya itu pembunuhan sektarian," kata polisi senior Imran Shah kepada AFP.
           
Masyarakat Syiah mencapai sekitar 20 persen dari penduduk Pakistan yang berjumlah 180 juta orang dan aktivis hak asasi mengatakan bahwa mereka semakin sering menjadi korban serangan kelompok militan Sunni.
           
Pakistan dilanda serangan-serangan bom bunuh diri dan penembakan yang menewaskan lebih dari 5.200 orang sejak pasukan pemerintah menyerbu sebuah masjid yang menjadi tempat persembunyian militan di Islamabad pada Juli 2007. (Ant/AFP)