Gubernur Sulteng dukung pembangunan bandara perintis di Banggai Laut

id gubernur sulteng,bandara perintis,banggai laut,sofyan kaepa,rusdy mastura,pemprov sulteng

Gubernur Sulteng dukung pembangunan bandara perintis  di Banggai Laut

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura (kiri) berdialog dengan Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa (kanan) (ANTARA/HO-Biro Administrasi Pimpinan Setda Pemprov Sulteng)

Palu (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura mendukung rencana pembangunan bandar udara (bandara) perintis di Kabupaten Banggai Laut untuk mempercepat pertumbuhan dan peningkatan ekonomi daerah.

"Kami sudah menerima dokumen proposal pembangunan bandara perintis itu. Kami pelajari dan akan ditindaklanjuti untuk diteruskan kepada Kementerian Perhubunan," kata Gubernur Sulteng Rusdy Mastura, di Palu, Senin.

Rusdy menyampaikan bahwa dokumen proposal pembangunan bandara perintis itu telah disampaikan oleh Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa.

"Nanti saya akan bersurat kepada Menteri Perhubungan melalui Dinas Perhubungan untuk mempercepat dan bertemu dengan  pak Menteri Perhubungan untuk membicarakan hal ini," kata Rusdy.

Gubernur menyampaikan bahwa pembangunan bandara perintis di Banggai Laut menjadi salah satu pembangunan infrastruktur yang sangat penting untuk memajukan ekonomi daerah.

Pemprov Sulteng ke depan, kata Rusdy, akan mengembangkan tiga kabupaten yakni Kabupaten Banggai, Banggai Laut dan Banggai Kepulauan sebagai kawasan industri maritim, sehingga hal ini membutuhkan ketersediaan infrastruktur.

"Kami ingin menjadikan tiga Banggai itu sebagai kawasan industri maritim dan kerja sama dengan Konsulat Jepang untuk ekspor gurita, sehingga diharapkan Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sulawesi Tengah segera membuat aturan terkait penangkapan gurita berdasarkan ukuran guna menjaga populasinya," ungkap Gubernur.