Pemkab Sigi: Pembangunan hunian tetap sangat membantu masyarakat

id Pemkab Sigi,Huntap Sigi,Huntap Satelit,Bupati Sigi,Mohamad Irwan

Pemkab Sigi:  Pembangunan hunian tetap sangat membantu masyarakat

Ilustrasi - Bupati Sigi Mohamad Irwan (kiri) berbincang dengan Ketua DPRD Sigi Rizal Intjenai (kanan) di Sigi, Senin, (18/7/2022). ANTARA/Muhammad Hajiji

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, menyatakan pembangunan hunian tetap (Huntap) permanen sangat membantu percepatan pemulihan masyarakat yang kehilangan tempat tinggal karena terdampak gempa dan likuefaksi 2018 lalu.

Bupati Sigi Mohamad Irwan, di Sigi, Selasa, mengemukakan masih banyak warga terdampak gempa dan likuefaksi 2018 yang membutuhkan hunian tetap.

"Utamanya yaitu mereka yang tinggal di hunian sementara," ucapnya.

Satuan Tugas Rehabilitasi dan rekonstruksi penanggulangan bencana gempa, tsunami dan likuefaksi Sulawesi Tengah berencana akan melanjutkan pembangunan hunian tetap permanen untuk penyintas gempa, likuefaksi dan tsunami, di Palu, Sigi dan Donggala.

Mohamad Irwan merespons positif rencana Kementerian PUPR melalui Satuan Tugas Rehab-Rekon, karena sangat membantu percepatan pemulihan masyarakat.

Ia menguraikan, untuk Kabupaten Sigi pembangunan hunian tetap ditempuh dengan dua skema yaitu pembangunan huntap berbasis kawasan dan huntap satelit.

Untuk hunian tetap satelit saat ini telah terbangun 957 unit. Huntap satelit, ujar dia, dibangun di 20 desa se-Kabupaten Sigi meliputi Desa Lambara, Salua, Tuva, Wisolo, Bulubete, Walatana, Sibalaya Utara, Ramba, Rogo, Balongga, Sibowi, Desa O, Desa Gimpu, Beka, Bomba, Sidondo Satu, Bulupountu Satu, Kalukubula, Jono Oge dan Desa Lolu.

Kemudian hunian tetap berbasis kawasan yang telah terbangun, sebut dia, sebanyak 1.177 terletak di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru.

"Pemerintah terus berupa mempercepat pemulihan masyarakat dengan berbagai strategi yang ditempuh, serta membangun kemitraan dengan multi pihak," ujarnya.

Ia menambahkan, pemulihan masyarakat pascagempa dan likuefaksi Sigi tahun 2018, menjadi prioritas dalam penyelenggaraan pembangunan daerah.
 
Wamen PUPR John Wempi Wetimpo (kanan), Bupati Sigi Moh Irwan (tengah), Satgas PUPR Arie Setiadi (kiri), meninjau pengaliran pipa dan ketersediaan air bersih di hunian tetap Desa Pombewe, Kabupaten Sigi, Kamis (6/1/2022). ANTARA/HO-Dok Prokopim Setda Pemkab Sigi