Bantuan pangan warga Banggai dipastikan tuntas sebelum Idul Adha

id Beras, bantuan pangan, logistik, bahan pangan, Pemkab Banggai, ketahanan pangan, Sulteng, Alfian Djibran

Bantuan pangan warga Banggai dipastikan tuntas sebelum Idul Adha

Ilustrasi -Beras di gudang Bulog Sulteng (Antara/Anas Masa

Luwuk, Sulteng (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah memastikan bantuan pangan dari Badan Pangan Nasional tuntas disalurkan kepada warga prasejahtera di kabupaten tersebut sebelum Lebaran Idul Adha 1444 Hijiriah.


 


"Bantuan pangan tahap satu dan dua diberikan pemerintah sebanyak 816 ton lebih untuk keluarga penerima manfaat (KPM) yang terdaftar dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS)," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Banggai Alfian Djibran di Luwuk, Kamis.


 


Ia mengemukakan, Dinas Pangan dan Perum Bulog ditugaskan dalam pendistribusian bantuan pangan tersebut, sebelum disalurkan dilakukan pengecekan untuk memastikan kualitas beras.


 


Yang mana, pihaknya bertugas melakukan pengawasan lapangan, dan Bulog berperan pada pendistribusian sesuai nama dan alamat KPM.


 


"Penyaluran tahap satu telah selesai dilaksanakan pada April lalu, penyaluran tahap dua sedang berproses," ujarnya.


 


Bantuan pangan dari pemerintah, katanya, menyasar 27.203 jiwa penerima manfaat yang tersebar pada 23 kecamatan di Kabupaten Banggai, dan pemerintah setempat memastikan pendistribusian tepat sasaran.


 


Pendistribusian bantuan sudah dilaksanakan sejak awal Juni pada 11 kecamatan, dan di pertengahan bulan berlanjut di 12 kecamatan guna mempermudah penyaluran.


 


"Khusus bantuan tahap dua, total beras disalurkan 139 ton lebih. Penyaluran tahap pertama sekitar 677 ton lebih," ucapnya.


 


Dengan bantuan ini diharapkan, bisa mengurangi beban warga, dan dapat bermanfaat untuk pemenuhan kebutuhan pangan keluarga.


 


"Apa yang dilakukan saat ini, bentuk kepedulian pemerintah terhadap masyarakat," demikian Alfian.