Kemenkumham Sulteng bina satgas kamtib pemasyarakatan

id Kemenkumham Sulteng ,Pembinaan satgas kamtib,Jaga keamanan

Kemenkumham Sulteng bina satgas kamtib pemasyarakatan

Para petugas pemasyarakatan saat menjalani pembinaan satuan tugas kamtib di Rutan Donggala, Kabupaten Donggala, Senin (25/9/2023). ANTARA/HO-Humas Kanwil Kemenkumham Sulteng.

Palu (ANTARA) -
Kantor Wilayah kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Tengah (Sulteng) memberikan pembinaan kepada satuan tugas (satgas) keamanan dan ketertiban (kamtib) pemasyarakatan guna menjaga stabilitas keamanan di lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan negara (rutan).

"Ini merupakan salah satu upaya dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban di lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan negara," kata Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan dan Teknologi Informasi Kemenkumham Sulteng Irpan di Banawa, Kabupaten Donggala, Sulteng, Senin.
 
Ia mengatakan pembinaan tersebut dilaksanakan secara rutin guna mencegah adanya gangguan keamanan dan ketertiban, sebab apabila situasi keamanan dan ketertiban berjalan dengan baik, juga akan berdampak dengan suksesnya pembinaan bagi warga binaan pemasyarakatan (WPB).
 
"Para satuan tugas keamanan akan mendapatkan beberapa materi dalam pembinaan kali ini untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menjaga kamtib," ujar dia.
 
Dia menyebut sebanyak 40 orang petugas pemasyarakatan gabungan dari perwakilan staf Divisi Pemasyarakatan, Lapas dan Rutan di Kota Palu yang menjadi peserta dalam kegiatan tersebut dan dipusatkan di Halaman Kantor Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Donggala.
 
Pada kesempatan itu, kata dia, para petugas pemasyarakatan mendapatkan materi penanggulangan hura-hara (PHH), kesamaptaan, pelatihan baris berbaris hingga penguatan terkait pengoptimalan pelaksanaan tugas pemasyarakatan secara klasikal.
 
Dia mengatakan Kantor Wilayah Kemenkumham Sulteng bekerja sama dengan Satuan Brigade Mobile (Brimob) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah yang diwakili oleh Kasubagrenmin AKP. Joko Pitoyo beserta tiga orang personel dalam memberikan materi dalam kegiatan tersebut.
 
Sementara itu, Kasubagrenmin Polda Sulteng AKP. Joko Pitoyo mengatakan pihaknya berkomitmen bersama jajaran pemasyarakatan di lingkup Kantor Wilayah Kemenkumham Sulteng dalam memastikan tugas dan fungsi satgas kamtib itu berjalan.
 
'Kami berkomitmen dalam memastikan tugas fungsi satgas kamtib berjalan lancar di lapas dan rutan dan juga kami akan terus tingkatkan,” katanya.