Polres-Banggai dirikan 14 posko pengamanan mudik Lebaran 2024

id Polres Banggai ,Posko mudik lebaran ,Operasi ketupat Tinombala ,Banggai ,Lebaran 2024,Sulawesi Tengah

Polres-Banggai dirikan 14 posko pengamanan mudik Lebaran 2024

Polres Banggai mendirikan posko pelayanan di Pelabuhan Rakyat Luwuk, Banggai, Kamis (4/4/2024). (ANTARA/HO-Humas Polres Banggai)

Banggai, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Kepolisian Resor Banggai, Sulawesi Tengah, mendirikan 14 pos pengamanan dan pelayanan selama Operasi Ketupat Tinombala 2024 guna memastikan arus mudik dan balik Lebaran atau Idul Fitri 1445 Hijriah berjalan aman dan lancar.

Kepala Seksi Humas Polres Banggai Iptu Al Amin S. Muda di Banggai, Jumat, mengatakan pos mudik-balik Lebaran itu terdiri atas 10 pos pengamanan, tiga pos pelayanan, dan satu pos terpadu.

"Polres Banggai mendirikan posko untuk pengamanan dan pelayanan di sejumlah titik guna memastikan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) tetap kondusif selama Idul Fitri," ujarnya.

Dia mengatakan 10 pos pengamanan arus mudik itu tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Banggai, yakni Kecamatan Nuhon, Bunta, Pagimana, Balantak, Bualemo, Lamala, Luwuk, Kintom, Batui, dan Toili.

Sementara tiga pos pelayanan didirikan di Bandara Syukuran Aminuddin Amir, Pelabuhan Rakyat Luwuk dan Terminal Boyou. Sedangkan satu pos terpadu disiapkan di depan Luwuk Shopping Mall atau Pos Pelayanan Satlantas Polres Banggai.

"Termasuk posko inti atau induk di Mapolres Banggai sebagai pusat pengendali operasi. Ada juga pos sekat di area pintu masuk Kabupaten Banggai, baik dari arah Kabupaten Tojo Una-una dan Morowali Utara," tuturnya.

Amin mengatakan pos pengamanan dan pelayanan mudik Lebaran itu telah beroperasi sejak Kamis (4/4) hingga 16 April 2024.

Dia berharap keberadaan posko lengkap dengan petugas siaga dapat melakukan pemantauan pergerakan masyarakat yang mudik agar tidak terjadi kemacetan lalu lintas dan gangguan keamanan.

Para pemudik juga bisa memanfaatkan posko-posko yang telah disiapkan untuk beristirahat jika mengalami kelelahan dalam perjalanan.

Dalam Operasi Ketupat Tinombala 2024, Polres Banggai mengerahkan 90 personel kepolisian yang didukung personel TNI dan sejumlah instansi terkait yang akan memberikan pelayanan dan pengamanan selama operasi berlangsung.

"Kami berharap situasi kamtibmas di Kabupaten Banggai selama arus mudik dan balik Lebaran 2024 tetap aman dan kondusif," ujarnya.