Polda Sulteng dan Kemenag sinergi tangkal masuknya paham radikal

id Polda Sulteng ,Satgas Madago Raya ,Kemenag Parigi Moutong ,Tangkal paham radikalisme di Parigi Moutong ,Sulawesi Tengah

Polda Sulteng dan Kemenag sinergi tangkal masuknya paham radikal

Satgas Operasi Madago Raya Polda Sulteng mengunjungi Kantor Kemenag Parigi Moutong di Parigi Moutong, Rabu (22/5/2024). (ANTARA/HO-Humas Polda Sulteng)

Parigi Moutong, Sulawesi Tenga (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Operasi Madago Raya Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah (Sulteng) menggencarkan sinergi dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Parigi Moutong dalam upaya menangkal masuknya paham radikalisme dan intoleransi di daerah ini.
 
Kasubsatgas Humas Operasi Madago Raya AKP Basirun Laele di Parigi Moutong, Rabu, menyampaikan kunjungan silaturahmi merupakan salah satu langkah strategis Polri dalam membangun sinergi dan kolaborasi dengan berbagai elemen masyarakat, termasuk Kemenag, untuk menangkal masuknya paham radikalisme dan intoleransi.
 
"Melalui kegiatan ini kami ingin menjalin komunikasi yang erat dengan Kemenag dan para tokoh masyarakat di Parigi Moutong dengan bahu-membahu dalam menangkal masuknya paham radikalisme dan intoleransi di wilayah ini," katanya.
 
Ia mengatakan paham radikalisme dan intoleransi dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa, sehingga sinergi dan kolaborasi dengan berbagai elemen masyarakat sangat penting untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan serta kerukunan warga, khususnya di wilayah Parigi Moutong.
 
Menurut dia, kolaborasi bersama Kemenag Parigi Moutong juga sebagai salah satu upaya untuk memperkuat peran remaja masjid dalam menjaga generasi muda dari pengaruh paham-paham yang menyesatkan.
 
"Oleh karena itu kita harus bersatu padu untuk melawan paham radikal dan intoleransi. Kami mengajak seluruh masyarakat untuk selalu waspada dan melaporkan kepada pihak berwenang apabila melihat adanya indikasi penyebaran paham radikalisme dan intoleransi di lingkungan masing-masing," ujarnya.
 
AKP Basirun Laele juga menyampaikan terima kasih kepada Kemenag Kabupaten Parigi Moutong atas dukungannya terhadap upaya Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah ini.
 
Dia meyakini kerja sama yang solid antara Polri dan seluruh elemen masyarakat dapat menciptakan suasana yang aman, damai, sejuk, dan kondusif, di Kabupaten Parigi Moutong.
 
Kepala Kemenag Kabupaten Parigi Moutong As'at Latopada menyambut baik dan mengapresiasi kunjungan silaturahmi tersebut. Ia menyatakan kesiapan untuk mendukung penuh upaya Polri dalam menangkal paham radikal dan intoleran.
 
“Kami mengapresiasi kegiatan sambang dan silaturahmi ini serta mendukung penuh upaya Polri dalam hal ini Satgas Madago Raya untuk menangkal paham radikal dan intoleran di wilayah operasi, khususnya di Parigi Moutong," katanya.