Pemprov Sulteng tingkatkan ekspor lewat Sulteng Export Forum

id Pemprov Sulteng ,Peningkatan aktivitas ekspor ,Sulteng Export Forum 2024,Sulawesi Tengah

Pemprov Sulteng tingkatkan ekspor lewat Sulteng Export Forum

Salah satu agenda kegiatan talkshow strategi peningkatan ekspor UKM Sulteng pada kegiatan Sulteng Export Forum 2024 di Palu, Rabu (3/7/2024). (ANTARA/HO-Dokumentasi RRI Palu)

Palu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) berupaya meningkatkan perekonomian di daerah ini dengan peningkatan aktivitas ekspor melalui Sulteng Export Forum 2024.
 


"Sulteng Export Forum 2024 bertujuan untuk memperkuat koneksi menuju UKM yang kompetitif. Kami bermaksud menghubungkan pelaku usaha, pelaku usaha ekspor, stakeholder terkait dalam bidang ekspor dan perbankan," kata Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulteng Mira Yuliastuti di Palu, Rabu.


 


Ia mengatakan forum ini merupakan salah satu upaya Pemprov Sulteng dalam meningkatkan perekonomian daerah melalui peningkatan aktivitas ekspor dengan menciptakan peluang usaha dan kemudahan ekspor.


 


Dengan menggelar forum ini, kata Mira, pelaku UKM di Provinsi Sulteng diharapkan bisa lebih kompetitif dan meningkatkan daya saing produk-produk unggulan daerah sehingga dapat menjangkau pangsa pasar ekspor.


 


"Selain itu, kegiatan ini untuk membangun ekosistem forum ekspor agar seluruh pihak dapat terus berinteraksi, berkolaborasi, untuk kemajuan ekspor," ujarnya.


 


Kegiatan ini diikuti ratusan peserta dari berbagai kalangan, termasuk para pelaku usaha, investor, dan perwakilan pemerintah.


 


Forum ini menghadirkan berbagai narasumber untuk membahas berbagai topik terkait ekspor, seperti peluang pasar ekspor, strategi marketing, dan pembiayaan ekspor.


 


Adapun sejumlah kegiatan pada forum ini, diantaranya talkshow dan sosialisasi export center, layanan ekspor dan konsultasi terkait ekspor (One stop Service), bussiness meeting bersama agregator, coaching class dan pameran UKM produk ekspor dan potensi ekspor.


 


Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Provinsi Sulteng Rudy Dewanto mengatakan Pemerintah Indonesia terus berupaya menggalakkan peningkatan ekspor melalui berbagai program, mulai dari pusat hingga daerah.


 


Menurut dia, hal tersebut dilakukan guna menyasar industri kecil menengah. Karena itu, ia menyampaikan apresiasi atas upaya Disperindag Sulteng berkerja sama dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI dan seluruh stakeholder terkait yang telah menyelenggarakan forum ini.


 


“Kami terus berupaya mendorong industri-industri lain sehingga dapat tumbuh dan berkembang lebih baik lagi. Melalui forum ini, mari manfaatkan kegiatan ini untuk mengeksplorasi berbagai peluang ekspor, serta berkolaborasi guna menuai hasil yang maksimal," ujarnya.


 


Ia berharap forum ini dapat dimanfaatkan dengan baik guna mengeksplorasi berbagai peluang peningkatan ekspor.