KPPPA bangun posko dan tenda ramah anak dan perempuan di Sulbar

id KPPPA,elvi,TRPA,tenda ramah perempuan dan anak,anak penyintas gempa sulbar,gempa sulbar,mamuju

KPPPA bangun posko dan tenda ramah anak dan perempuan di Sulbar

KPPPA mendirikan tenda ramah anak bagi anak-anak penyintas gempa Mamuju, Sulawesi Barat, di Stadion Manakarra Mamuju. (ANTARA/HO-Dok KPPPA)

Ada satu tenda ramah anak dan dua posko ramah perempuan dan anak
Palu (ANTARA) - Kementerian Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (KPPPA) membangun posko dan tenda ramah perempuan dan anak di daerah terdampak gempa di Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat.

"Ada satu tenda ramah anak dan dua posko ramah perempuan dan anak," ucap Koordinator Internal Tim KPPPA dalam penanggulangan pascagempa Sulbar, Elvi Hendrani dihubungi dari Palu, Selasa.

Elvi yang merupakan Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak Atas Pendidikan ,Kreativitas dan Budaya KPPPA menerangkan satu tenda ramah perempuan dan anak (TRPA) dibangun KPPPA di Jalan Pongtiku, Jalan Husni Thamrin.

Dalam pembangunan TRPA dan posko ramah perempuan dan anak, kata Elvi, KPPPA melibatkan jejaringnya pendamping anak dan perempuan.

"Iya, jejaring itu antara lain Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), Kemendikbud dan pengurus posko ramah perempuan dan anak yang akan mendampingi anak pengungsi untuk dukungan psikososial," kat Elvi.

Keberadaan TRPA dan posko ramah perempuan dan anak, kata Elvi sangat penting, karena hal itu untuk mendorong bahwa penanggulangan pascabencana dalam situasi tanggap darurat dilakukan berbasis responsif gender.

Baca juga: Kementerian PPPA upayakan pemulihan kaum rentan korban teroris di Sigi
Baca juga: KPPPA ajak keluarga untuk bentengi anak dari hoaks
Baca juga: KPPPA minta orang tua maksimalkan pengasuhan anak di era digital


"Selain itu juga untuk memberikan dukungan psikososial bagi anak-anak pengungsi agar bisa menghilangkan stres karena gempa dan di lokasi pengungsian yang penuh dengan keterbatasan," sebut Elvi.

Tim dari KPPPA telah tiba di Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat sejak Sabtu 16/1, untuk melakukan sejumlah kegiatan kemanusiaan dalam rangka percepatan pemulihan penyintas gempa Sulbar.

Di Kabupaten Mamuju, Elvi menguraikan, KPPPA melakukan sejumlah kegiatan meliputi membuat data terpilah perempuan dan anak serta kebutuhan spesifik untuk anak penyintas gempa.

"Selain mendirikan posko dan tena ramah perempuan dan anak, KPPPA juga melakukan koorsdinasi dengan kementerian dan lembaga terkait perlindungan anak dan perempuan dengan cara memberikan data kepada kementerian dan lembaga lainnya agar dapat memberkan dukungan sesuai kebutuhan di lapangan," katanya.

"KPPPA juga memberikan bantuan spesifik untuk anak dan perempuan sesuai kelompok umur, serta memastikan pemenuhan kebutuhan pendidikan melalui kerjsama dengan Kemendikbud dan Kemenag dalam mendirikan sekolah darurat," lanjut Elvi.
 
Anak-anak penyintas gempa makan di tenda ramah anak yang didirikan oleh KPPPA di Stadion Manakarra Mamuju, Selasa. (ANTARA/HO-Dok KPPPA)

 
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar