13.545 warga Donggala terima PKH, BPNT dan BLT BBM dari pemerintah

id Bantuan sosial Donggala. Pkh, BLT bbm

13.545 warga Donggala  terima PKH, BPNT dan BLT BBM dari pemerintah

Ilustrasi - Petugas merekam kartu identitas warga dari Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) saat pencairan Bansos Program Keluarga Harapan (PKH), Subsidi BBM dan BPNT di Kantor Kelurahan Maleber, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (29/11/2022). ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/tom.

Donggala (ANTARA) -
Sebanyak 13.545 keluarga mulai menerima bantuan keluarga program harapan (PKH), bantuan pangan non tunai (BPNT) dan pengalihan subsidi bahan bakar minyak (BLT BBM) dari Pemerintah Pusat di Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah, Selasa (29/11).


 


"Sekarang ini untuk penyaluran PKH itu sudah masuk pada tahap empat dan BPNT maupun subsidi BBM masuk pada tahap dua melalui PT Pos Indonesia," kata Koordinator Program Keluarga Harapan (PKH) Moh Riyan Ridha di Donggala, Selasa.

 

Dia menjelaskan bahwa bantuan Sosial PKH tahap empat itu telah sesuai dengan SK Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Nomor : 9/3/BS.02.01/2/2022 tanggal 16 Februari 2022, tentang Indeks dan Faktor Penimbang Bantuan Sosial PKH.

 

"Untuk nilai PKH ini tidak sama setiap keluarga karena nominal tersebut tergantung berapa banyak anak yang ada dalam sebuah keluarga, juga berbeda lagi nilai itu berdasarkan status pendidikan anak karena memang PKH itu untuk pendidikan dan kesehatan keluarga Indonesia dari pemerintah," ucapnya.


 


Adapun BPNT dan pengalihan subsidi BBM yang sudah memasuki tahap dua yakni bulan November dan Desember 2022 masing-masing setiap keluarga menerima bantuan dengan nilai Rp600 ribu dan Rp500 ribu.

 

"Nilai itu telah diterima sebanyak 13.471 keluarga dengan rincian 3.010 penerima pengalihan subsidi BBM dan 10.461 keluarga penerima BPNT," sambung Riyan.


 


Oleh karena itu, Riyan mengajak seluruh jajaran PKH Donggala agar berkoordinasi dengan PT Pos Indonesia untuk kelancaran distribusi PKH, pengalihan subsidi BBM maupun BPNT ke 16 Kecamatan di Kabupaten Donggala.


 


"Teknis penyaluran akan dilakukan per desa untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan keluarga penerima manfaat, yang perlu diingat bahwa tidak dibenarkan tindakan oknum mewakili keluarga penerima dalam melakukan pencairan bantuan sosial dengan maksud apapun serta apabila ditemukan akan diproses sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku," demikian Riyan.