Kasdam Merdeka dan Danrem Tadulako kunjungi konservasi Maleo DSLNG

id Kasdam Merdeka, DSLNG, maleo, Banggai, Batui

Kasdam Merdeka dan Danrem Tadulako kunjungi konservasi Maleo DSLNG

Kepala Staf Kodam XIII/Merdeka Brigjen TNI Mochamad Luthfie Beta dan Komandan Korem 132/Tadulako Brigjen TNI Dody Tri Winarto dan jajarannya mengunjungi Pusat Konservasi Eksitu Maleo PT Donggi-Senoro LNG, pada Rabu (20/9/2023).

Banggai (ANTARA) - Pusat Konservasi Eksitu Maleo PT Donggi-Senoro LNG menerima kunjungan dari petinggi militer wilayah Sulawesi bagian Utara dan Tengah, yaitu Kepala Staf Kodam XIII/Merdeka Brigjen TNI Mochamad Luthfie Beta dan Komandan Korem 132/Tadulako Brigjen TNI Dody Tri Winarto dan jajarannya pada Rabu (20/9/2023).
 


Kunjungan ini dilakukan di sela agenda kunjungan ke Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.


 


Keduanya mengapresiasi upaya konservasi yang dilakukan DSLNG terhadap Burung Maleo yang terancam punah. 


 


Yang menarik, Komandan Korem 132/Tadulako Brigjen TNI Dody Tri Winarto menyebutkan ini pertama kalinya ia melihat langsung wujud Burung Maleo (Macrocephalon maleo) sebagai burung endemik Sulawesi. 


 


Sebelumnya, dirinya cukup familiar dengan sejumlah operasi TNI yang menggunakan nama Maleo namun belum pernah melihat langsung wujud spesies terancam punah ini. 


 


Selain melihat langsung Burung Maleo dalam kandang penangkaran, Danrem dan Kasdam juga mengamati replika cangkang telur Maleo yang ukurannya cukup besar dibanding unggas pada umumnya.