UIN Datokarama libatkan pelaku UMKM pada ekspo HAB 2024

id Hab,Pameran umkm,UIN Datokarama,Doktor Hamlan,Panggung Budaya

UIN Datokarama libatkan pelaku UMKM pada ekspo HAB 2024

Pelaku UMKM memamerkan produknya pada pameran UMKM UIN Datokarama dalam rangka memperingari Hari Amal Bakti 2024. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama melibatkan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada ekspo dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama (Kemennag) di lingkungan perguruan tinggi tersebut.

Ketua Panitia HAB UIN Datokarama, Hamlan, di Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) Jumat, mengemukakan pelibatan pelaku UMKM dalam ekspo tersebut untuk memperkuat ketahanan dan kemandirian UMKM di provinsi itu.

"Ini sudah menjadi komitmen UIN Datokarama yang tujuannya membangun ketahanan pelaku UMKM dari aspek pemasaran dan permodalan," ucap Hamlan.

Pada ekspo HAB 2024 tersebut pihaknya melibatkan 25 UMKM dan menyediakan fasilitas stan dan listrik hingga memberikan kemudahan kepada mereka  berdagangan produk unggulan.

"Kami berharap lewat kesempatan ini, terjalin hubungan emosional antara UIN Datokarama dengan pelaku UMKM," sebutnya.

Melalui pelibatan tersebut, kata dia, juga menjadi satu bentuk promosi UIN Datokarama kepada masyarakat luas dan pelaku UMKM.

Selain pameran UMKM, pihaknya juga menyediakan panggung kolaborasi antara UIN Datokarama dengan Kanwil Kemenag Sulteng yang diisi dengan kegiatan pop solo islami dan penampilan juara karaoke.

Di samping itu juga terdapat panggung seni budaya lintas agama dalam bingkai moderasi beragama yang diisi dengan penampilan seni budaya Agama Kristen Toraja, seni budaya Agama Hindu, dan penampilan akustik Kota Palu, serta penampilan grup band D'GIL'S Tadulako yang pemain musiknya merupakan para guru besar Universitas Tadulako.