Pemkab Sigi tingkatkan ekonomi petani dengan bagikan bibit produktif

id Pemkab sigi,Alpukat,Durian montong,Durian Musang king ,Irwan Lapatta

Pemkab Sigi tingkatkan ekonomi petani dengan bagikan bibit produktif

Bupati Sigi Mohamad Irwan Lapatta. (ANTARA/HO-HUMAS PEMKAB SIGI).

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi Sulawesi Tengah (Sulteng) meningkatkan pendapatan dan ekonomi petani di kabupaten setempat dengan membagikan bibit produktif, sehingga produksi tanaman semakin banyak dan melimpah.

"Kami terus mengembangkan sektor pertanian di Kabupaten Sigi, salah satunya dengan memberikan bibit-bibit tanaman produktif kepada petani guna meningkatkan produksi dan kualitas tanaman," kata Bupati Sigi Mohamad Irwan Lapatta di Sigi, Senin.
 
Dia mengemukakan dengan pemberian bibit tanaman itu dapat mewujudkan dan sejalan dengan visi misi Kabupaten Sigi yakni berdaya saing berbasis Agribisnis.
 
"Tahun 2024 ini kami pemerintah Kabupaten Sigi menerima bantuan dari pemerintah provinsi sebanyak 115.000 bibit pohon dari tiga jenis yakni Durian Musang King, durian Montong dam Alpukat," ucapnya.
 
Pemerintah, kata Irwan, bibit pohon itu dibagikan kepada petani di beberapa kecamatan untuk ditanami bibit itu yakni Kulawi, Kulawi Selatan, Pipikoro dan Lindu.
 
"Bibit pohon terbanyak kami bagikan ke petani yakni Alpukat sebanyak 75.000 pohon, selanjutnya durian montong dan musang king masing-masing 20.000 bibit pohon," kata Irwan menjelaskan.
 
Ia berharap dengan bantuan bibit produktif itu dapat meningkatkan hasil pertanian di Kabupaten Sigi sebagai sumber pendapatan ekonomi warga di kabupaten itu.
 
"Rencana untuk pengairan sekunder di Kabupaten Sigi bisa dirasakan masyarakat tahun 2024 yang rusak pasca bencana gempa bumi 2018 silam," tuturnya.