Pemprov Sulteng harap pelatihan DTS tingkatkan kompetensi bagi guru

id Pemprov Sulteng ,Pelatihan DTS,Sulteng ,Guru,Tenaga kependidikan

Pemprov Sulteng harap pelatihan DTS tingkatkan kompetensi bagi guru

Para guru dan tenaga kependidikan mengikuti pelatihan DTS yang diselenggarakan oleh BPSDMP Kominfo dan Pemprov Sulteng di Kota Palu, Sabtu (23/3/2024). (ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulteng)

Palu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) berharap pelatihan Digital Talent Scholarship (DTS) Thematic Academy (TA) meningkatkan kompetensi dan keterampilan bagi guru dan tenaga kependidikan dalam pemanfaatan aplikasi berbasis digital.   
 
"Pelatihan ini merupakan upaya untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan bagi guru dan tenaga kependidikan dalam pemanfaatan aplikasi perkantoran dan desain grafis," kata Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfo Santik) Provinsi Sulteng Sudaryano R. Lamangkona di Palu, Sabtu.
 
Pemprov Sulteng bekerja sama dengan Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Manado dalam penyelenggaraan pelatihan DTS.  
 
Untuk itu, Sudaryono menyampaikan terima kasih kepada BPSDMP Kominfo Manado yang telah menyelenggarakan pelatihan tersebut yang diikuti oleh sebanyak 100 peserta.
 
Ia mengatakan dengan mengusung tema “Pelatihan aplikasi perkantoran dan aplikasi desain grafis bagi guru dan tenaga kependidikan”, diharapkan mereka dapat lebih efisien dalam mengelola tugas-tugas administratif seperti, penyusunan jadwal, pengelolaan absensi dan penyimpanan data siswa.   
 
"Pada era digital saat ini, guru dan tenaga kependidikan memiliki peran yang sangat strategis dalam mendukung proses pembelajaran yang inovatif dan efektif," katanya.
 
Oleh karena itu, kata dia, aplikasi desain grafis juga dapat digunakan untuk membuat materi pembelajaran yang menarik dan interaktif dalam bentuk visual, sehingga dapat meningkatkan daya tarik dan pemahaman para siswa.  

Menurut Sudaryono, pengetahuan digital merujuk pada pemahaman dan keterampilan yang diperlukan untuk beroperasi dan berpartisipasi secara efektif dalam lingkungan yang didominasi oleh teknologi digital.
 
Untuk itu, dia berharap seluruh peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan selama mengikuti pelatihan, sehingga dapat memberikan dampak positif dan manfaat yang nyata bagi kehidupan sehari-hari dan karir masing-masing.
 
"Saya yakin dengan mengikuti pelatihan ini, para guru dan tenaga kependidikan akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru yang dapat diterapkan dalam kegiatan sehari-hari di sekolah," ujarnya lagi.