Pemprov Sulteng berangkatkan sebanyak 217 pemudik ke 6 daerah via mudik gratis

id Pemprov Sulteng ,Mudik gratis ,Lebaran 2024,Idul Fitri 1445 H,Sulawesi Tengah

Pemprov Sulteng berangkatkan sebanyak 217 pemudik ke 6 daerah via mudik gratis

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulteng Sumarno melepas peserta mudik gratis 2024 di Palu, Rabu (3/4/2024). (ANTARA/Nur Amalia Amir)

Palu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah (Sulteng) memberangkatkan sebanyak 217 orang pemudik dengan tujuan ke enam daerah di provinsi ini melalui program mudik gratis Lebaran 2024 atau Idul Fitri 1445 Hijriah. 
 
"Mudik gratis ini dilaksanakan oleh Pemprov Sulteng melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Sulteng sebagai upaya untuk menguatkan hubungan antara pemerintah daerah dan masyarakat, sehingga ke depan akan terus terjalin hubungan baik dalam membangun gerak cepat menuju Sulteng lebih sejahtera dan maju," kata Kepala Dishub Sulteng Sumarno saat pelepasan peserta mudik gratis 2024 di Palu, Rabu.
 
Ia mengatakan program mudik gratis tersebut untuk membantu masyarakat, pelajar atau mahasiswa, terutama yang berasal dari golongan ekonomi lemah untuk pulang ke kampung halaman mereka dalam rangka perayaan Lebaran. 
 
Selain itu program yang merupakan agenda rutin tiap tahun itu juga bertujuan mengurangi angka kecelakaan lalu lintas selama masa arus mudik Lebaran 2024 di wilayah Sulteng. 
 
Pemprov Sulteng memberangkatkan 217 orang pemudik ke enam daerah tujuan di Sulteng yakni Kabupaten Poso, Morowali, Morowali Utara, Ampana, Tentena, dan Luwuk dengan menggunakan 19 kendaraan.
 
Adapun rincian peserta mudik gratis yaitu Palu - Poso 28 orang, Palu - Tentena 24 orang, Palu - Morowali Utara 24 orang, Palu - Morowali 25 orang, Palu - Ampana 48 orang, dan Palu - Luwuk 68 orang.
 
Pada kesempatan itu Sumarno juga meminta para pengemudi sopir angkutan untuk selalu dalam keadaan sehat, menaati aturan keselamatan pelayaran rambu-rambu lalu lintas, dan mengutamakan keselamatan keamanan berlalu lintas di jalan.
 
"Kami berharap program ini dapat membantu masyarakat untuk pulang ke kampung halaman masing-masing dengan aman hingga selamat sampai tujuan," ujarnya.
 
Ia menambahkan setiap kendaraan telah dilakukan ramp check serta sopir kendaraan juga melewati pemeriksaan kesehatan untuk memastikan keamanan perjalanan para pemudik.