Polres Sigi libatkan 167 personel pengamanan Idul Fitri 2024

id Polres Sigi ,Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat Tinombala ,Sulteng,Kabupaten Sigi ,AKBP Reja A Simanjuntak ,Idul Fitri 2024

Polres Sigi libatkan 167 personel pengamanan Idul Fitri 2024

Kapolres Sigi AKBP Reja A Simanjuntak (dua kiri) saat menyematkan pita tanda Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat Tinombala 2024 kepada perwakilan TNI. (ANTARA/MOH SALAM).

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Sigi Sulawesi Tengah (Sulteng) melibatkan sebanyak 167 personel untuk bertugas melaksanakan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 2024. 
 


"Baru saja kita melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri, kami dari Polres Sigi menurunkan sebanyak 167 personel dan juga dibantu TNI, Satpol PP, Dishub, Senkom, Dinkes dan Damkar," kata Kapolres Sigi AKBP Reja A Simanjuntak di Sigi, Rabu.


 


Dia menuturkan tujuan apel gelar pasukan kali ini agar mengetahui kesiapan masing-masing personel dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat nantinya saat akan mudik lebaran.


 


"Tujuannya supaya betul-betul bisa melayani masyarakat selama perayaan Idul Fitri, misal ada masyarakat melakukan perjalanan jauh dan kalau memang capek kami persilahkan untuk singgah di Pos Pengamanan (Pospam), Pos pelayanan (Posyan), Polsek, Koramil yang utamanya adalah untuk keselamatan di jalan raya," ucapnya.


 


Reja mengimbau kepada masyarakat agar saat akan melakukan perjalanan atau mudik untuk memastikan keamanan rumah yang akan ditinggalkan yakni mengunci jendela dan pintu.


 


"Kepada masyarakat untuk tidak segan memberitahukan ke tetangga, Ketua RT, RW, serta Bhabinkamtibmas dan Babinsa setempat jika akan melaksanakan perjalanan dan mudik dalam waktu lama," ujar Kapolres Sigi. 


 


Dia menambahkan, untuk Polres Sigi mendirikan satu Pos Pelayanan yakni di simpang Karanjalembah Desa Kalukubula karena di situ intensitas kendaraan cukup tinggi karena pertemuan dan batas antara Kota Palu dan Kabupaten Sigi.


 


"Selain pos pelayanan, ada pula mendirikan pos pengamanan, bahkan masing-masing polsek jajaran juga membuka pospam sehingga totalnya satu pos pelayanan dan enam pos pengamanan," tutur Reja. 


 


Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat Tinombala 2024 berlangsung selama 13 hari yakni mulai tanggal 4 sampai 16 April 2024.


 


Berdasarkan survei indikator kepuasan masyarakat atas penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2023 mencapai 89,5 persen atau meningkat 15,7 persen dari 2022.