Mobil layanan imigrasi ada di Banten, Jabar, Jateng hingga akhir 2024

id Mobil pelayanan keimigrasian,Ditjen Imigrasi,paspor

Mobil layanan imigrasi ada di Banten, Jabar, Jateng hingga akhir 2024

Arsip foto - Mobil pelayanan keimigrasian Direktroat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI. (ANTARA/HO-Ditjen Imigrasi)

Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM menghadirkan mobil pelayanan keimigrasian di Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah hingga akhir tahun 2024 untuk mempermudah akses masyarakat dalam mendapatkan paspor.

"Kami mengamati tren minat masyarakat terhadap paspor yang terus meningkat. Selain Jakarta, di Banten, Jawa Barat, dan Jawa tengah antusiasmenya juga tinggi. Oleh karena itu, fasilitas mobil pelayanan keimigrasian ini kita adakan hingga akhir tahun 2024," ucap Direktur Lalu Lintas Keimigrasian Felucia Sengky Ratna dalam keterangan diterima di Jakarta, Rabu.

Sengky menjelaskan bahwa melalui fasilitas mobil pelayanan keimigrasian ini, kantor imigrasi dapat membuka kuota pelayanan paspor tambahan dan melayani masyarakat secara berpindah-pindah (mobile) sesuai kebutuhan.

Mobil pelayanan keimigrasian hanya melayani permohonan paspor baru serta permohonan penggantian paspor. Sementara itu, penggantian paspor dengan alasan rusak atau hilang harus dilakukan di kantor imigrasi.

Selain untuk mengurus pembuatan paspor, masyarakat juga dapat mendatangi mobil pelayanan keimigrasian untuk berkonsultasi dengan petugas mengenai layanan-layanan keimigrasian lainnya.

Menurut Sengky, mobil pelayanan keimigrasian merupakan layanan dengan format jemput bola sebagai bentuk komitmen Ditjen Imigrasi untuk aktif menjangkau masyarakat.

"Masyarakat dapat mengajukan agar kantor imigrasi mendatangi lokasi seperti perumahan, perkantoran, universitas hingga sekolah misalnya, untuk memproses permohonan paspor secara kolektif dengan nyaman dan cepat," ucap dia.

Daftar kantor imigrasi di tiga provinsi tersebut yang melaksanakan layanan paspor dengan mobil pelayanan keimigrasian adalah sebagai berikut:
1. Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang
2. Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Serang
3. Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung
4. Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cirebon
5. Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tasikmalaya
6. Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Karawang
7. Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Bekasi
8. Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Bogor
9. Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Depok
10. Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Sukabumi
11. Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Cianjur
12. Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang
13. Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Pemalang
14. Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta
15. Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Pati
16. Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cilacap
17. Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Wonosobo