UIN Palu kutuk genosida Israel terhadap Palestina

id Palestina, uinpalu, uindatokarama, perguruan tinggi, kampus UIN, Lukman Thahir, Dubes Palestina, Israel, genosida, Sulte

UIN Palu kutuk genosida Israel terhadap Palestina

Mahasiswa dan siswa mengikuti Kuliah Tamu Internasional dengan pembicara utama Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair S M Al-Shun, di Kampus UIN Datokarama, di Palu, Senin (29/7/2024). ANTARA/HO-Humas UIN Datokarama Palu.

Palu (ANTARA) -
Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, mengutuk semua tindakan dan aksi genosida yang dilakukan oleh Israel terhadap Palestina.

"Kehadiran Duta Besar (Dubes) Palestina untuk Indonesia Zuhair S M Al-Shun di Kampus UIN Datokarama semakin menguatkan komitmen dan sikap kami untuk mendukung kemerdekaan Palestina, dan menolak semua tindakan Israel terhadap Palestina yang mencederai nilai kemanusiaan," kata Rektor UIN Datokarama Prof Lukman S Thahir dalam Kuliah Tamu Internasional di Palu, Senin.

Dia mengajak dunia pendidikan, khususnya perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (PTKIN) se-Indonesia untuk berbagi meringankan beban Palestina, melalui peran dan fungsi perguruan tinggi.

Ia juga mengajak tokoh-tokoh lintas agama ikut memberikan perhatian terhadap masalah yang dialami oleh Palestina.

"Masalah yang dialami Palestina merupakan masalah kemanusiaan yang mencakup semua agama," ujarnya.

Ia mengatakan para tokoh agama dari semua agama memiliki peran untuk memberikan sumbangsih resolusi konflik antara Israel dan Palestina.

Pada kesempatan yang sama Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair S M Al-Shun dalam pidatonya di hadapan peserta Kuliah Tamu Internasional itu menyampaikan bahwa agresi dan tindakan yang dilakukan oleh Israel terhadap negaranya telah membuat ratusan ribu masyarakat Palestina meninggal dunia dan cacat.

Palestina, kata dia, membutuhkan kerja sama dan dukungan Indonesia dari para pihak, termasuk perguruan tinggi untuk kemerdekaan Palestina.
 
"Palestina pasti akan merdeka, terima kasih Indonesia yang telah mendukung kami dan menjadi yang terbaik bagi Palestina," ucapnya.
Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair S M Al-Shun didampingi Rektor UIN Datokarama Prof Lukman S Thahir (kanan) menyampaikan keterangan pers di sela-sela Kuliah Tamu Internasional, di Kampus UIN Datokarama, di Palu, Senin (29/7/2024). ANTARA/HO-Humas UIN Datokarama Palu.
 
Ketua Panitia Kunjungan Kerja Dubes Palestina Hamlan mengemukakan antusias mahasiswa dan siswa di Kota Palu menghadiri Kuliah Tamu Internasional itu menunjukkan adanya harapan besar akan pentingnya perdamaian di Palestina.

"Sebab yang terjadi di Palestina itu bukan peperangan, tetapi genosida sehingga kehadiran siswa dan mahasiswa menunjukkan keprihatinan dunia pendidikan terhadap kondisi pendidikan Palestina," ujarnya.