Puteri Indonesia 2020 promosikan wisata Labuan Bajo

id puteri indonesia,pemilihan puteri indonesia,labuan bajo,wisata labuan bajo

Puteri Indonesia 2020 promosikan wisata Labuan Bajo

Sebanyak 39 finalis Pemilihan Puteri Indonesia (PPI) 2020 dari 34 provinsi di tanah air, memberi pemaparan di Jakarta, Rabu (26/2/2020) (Dokumentasi Yayasan Puteri Indonesia)

Jakarta (ANTARA) - Ajang pemilihan Puteri Indonesia (PPI) 2020 yang mengusung tema kekayaan budaya dan keindahan alam Nusa Tenggara Timur (NTT), akan dijadikan arena untuk mempromosikan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super prioritas bagi wisatawan lokal dan mancanegara.

"Melalui Pemilihan Puteri Indonesia 2020, kita sekaligus mempromosikan destinasi wisata kita, khususnya wisata budaya karena Indonesia memiliki kekayaan budaya yang luar biasa," kata Penasehat Utama Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, sebanyak 65 persen wisatawan mancanegara datang ke Indonesia bukan karena ingin melihat keindahan alam saja, tetapi justru ingin melihat kekayaan budaya Indonesia.

Dikatakannya, PPI yang tahun ini memasuki penyelenggaraan ke-24, menjaring 39 finalis dari 34 provinsi di Tanah Air.

Para finalis yang berasal dari beragam profesi, mulai mahasiswi, dokter, model, pilot, karyawati, pengusaha, siap berkompetisi untuk memperebutkan tiga mahkota Borobudur persembahan dari Hartono Wira Tanik (HWT).

Putri berharap, meningkatnya wisatawan juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Misalnya saja wisatawan yang datang ke Yogyakarta itu membeli barang kerajinan produksi UKM. Saya harap dengan mempromosikan NTT dan Labuan Bajo juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat NTT," ujar mantan CEO PT.Mustika Ratu itu melalui keterangan tertulis.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) NTT, Julie Sutrisno Laiskodat menyatakan, NTT adalah daerah yang pemandangan alamnya indah dan kekayaan budaya luar biasa, khususnya kain tenun, juga banyak pohon kelor yang merupakan jenis kelor terbaik di dunia setelah Spanyol.

"Saya harap potensi ini bisa digali lewat kegiatan Pemilihan Puteri Indonesia,” kata istri Gubernur NTT Victor Laiskodat itu.

CEO PT Mustika Ratu Bingar Egidius Situmorang mengungkap, kelor merupakan salah satu bahan alam yang telah digunakan sebagai kosmetik Mustika Ratu.

"Kelor memiliki kandungan bahan aktif yang sangat bagus untuk kesehatan kulit dan ini sudah digunakan untuk produk kecantikan kami. Ke depan akan kita gali terus pemanfaatan daun kelor dari NTT,” katanya.

Sebagai permulaan kegiatan promosi NTT, para finalis sudah membuat tulisan, foto, dan video keindahan alam Labuan Bajo saat mereka menginap dua malam di Labuan Bajo dalam acara Familiarization Trip agar lebih mengenal potensi pariwisata di Labuan Bajo.

Tahun ini, Top 3 Puteri Indonesia 2020 juga akan menggunakan national costume bertema Nusa Tenggara Timur di ajang bergengsi internasional yaitu Miss Universe 2020, Miss International 2020, dan Miss Supranational 2020.

Para finalis juga akan memperagakan busana-busana hasil karya desainer anak negeri dalam acara Fashion Show Indonesia Berbasis Budaya bekerja sama dengan Kadin Industri Tradisional Berbasis Budaya dilanjutkan Peragaan Kostum Nasional (National Costume) dan Malam Seni dan Budaya pada 29 Februari 2020.

Dari unjuk bakat ini akan terpilih 3 nominasi Puteri Berbusana Tradisional Terbaik dan 3 nominasi Puteri Berbakat Terbaik.

Malam puncak grand final Pemilihan Puteri Indonesia 2020 akan diselenggarakan 6 Maret 2020 di Plenary Hall, Jakarta Convention Center yang dihadiri oleh Miss Universe 2019, Zozibini Tunzi dari Afrika Selatan, Miss International 2019, Sireethorn Leearamwat dari Thailand dan Miss Supranational 2019 Anntonia Porsild dari Thailand.

Baca juga: Labuan Bajo hadir di Belgrade International Tourism Fair
Baca juga: Menikmati suasana penjelajahan alam dan wisata laut di Labuan Bajo