Apple: HomePod dan HomePod Mini akan medukung audio lossless

id Apple,Lossless audio,HomePod,Homepod mini,Apple TV

Apple: HomePod dan HomePod Mini akan medukung audio lossless

Pengeras suara HomePod dari Apple. (apple.com)

Jakarta (ANTARA) - Apple mengatakan bahwa HomePod dan HomePod Mini akan mendukung audio lossless setelah pembaruan perangkat lunak di masa mendatang.

Namun, Apple belum memberikan jadwal kapan pembaruan perangkat lunak ini akan dirilis, demikian dikutip dari The Verge, Minggu.

Apple menerbitkan dokumen dukungan yang menjelaskan lebih dalam sejumlah detail seputar peluncuran audio lossless yang akan datang di Apple Music.

Sementara itu mengutip GSM Arena, perangkat yang akan mendukung fitur audio lossless termasuk model iPhone dan iPad yang menjalankan pembaruan iOS 14.6 yang akan datang serta Mac yang menjalankan pembaruan macOS 11.4 yang akan datang.

Model Apple TV 4K juga akan mendapatkan opsi untuk mengaktifkan pemutaran audio lossless dengan pembaruan tvOS 11.4.

Tak ada satu pun dari AirPod nirkabel, termasuk AirPods asli, AirPods Pro, dan AirPods Max akan mendapatkan audio lossless karena saat ini tidak ada cara untuk mengirimkan audio lossless melalui Bluetooth.

Perangkat ini akan terus mendukung transmisi hanya melalui AAC (Advanced Audio Coding).

Awal pekan ini, Apple mengumumkan akan menyediakan seluruh perpustakaannya yang berisi 75 juta lagu di Apple Music secara lossless.

Audio lossless adalah cara mengompresi musik yang mengurangi ukuran file sekaligus memastikan tidak ada kehilangan data.

Untuk itu, Apple menggunakan ALAC (Apple Lossless Audio Codec). Di sisi lain, Apple Music saat ini menggunakan AAC yang merupakan teknik lossy untuk mengompresi audio.

Audio lossless ditawarkan dengan kualitas16-bit pada 44.1kHz hingga 24-bit pada 48kHz. Apple juga menawarkan rangkaian lagu dengan Hi-Resolution Lossless, dengan kualitas hingga 24-bit pada 192kHz.

Untuk file dengan format resolusi yang lebih tinggi akan membutuhkan DAC atau Pengonversi Digital ke Analog eksternal.