Wabub Poso Pimpin Penanaman Pohon di Bada

id Poso

Wabub Poso Pimpin Penanaman Pohon di Bada

Hewan Anoa (antaranews)

Slogan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia 2016 Go Wild for Life
Poso (antarasulteng.com) - Wakil Bupati Poso T. Samsuri memimpin penanaman berbagai jenis pohon di dataran Bada, Kabupaten Poso, untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup sedunia yang dipusatkan di Bada, Jumat.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Poso A Tokare mengatakan bahwa selain penanaman bibit pohon, pihaknya juga mengagendakan pelestarian satwa endemik di kawasan itu seperti bnoa, burung alo dan satwa lainnya yang endemik di Kabupaten Poso dan Sulawesi Tengah.    

Menurut Tokare, rencana semula acara ini akan digelar pada 5 Juni, namun karena sebagian masyarakat akan mulai menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, maka acaranya dipercepat menjadi 3 Juni.

Kegiatan penanaman pohon ini akan dilakukan selama satu minggu, tidak hanya di Lembah Bada yang meliputi Kecamatan Lore Selatan dan Lore Barat, tetapi juga di sepanjang pinggiran Danau Tentena.

Sementara untuk jenis bibit pohon yang ditanam di berbagai lokasi yang dianggap tandus akan dipilih dari jenis pohon yang kuat akarnya.

Hari lingkungan hidup sedunia tahun 2016 mengangangkat isu perdangan ilegal satwa lliar yang kemudian Program Lingkungan Hidup PBB (UNEP - United Nations Environmental Programme) mengangkat isu 'tanpa kompromi dalam memerangi perdangan ilegal satwa liar' sebagai isu utama.

Tema Hari Lingkungan Hidup sedunia 2016 yang memerangi perdagangan satwa liar diwujudkan dalam sebuah sebuah slogan Go Wild For Life.