SAR Palu masih siagakan personel pada arus balik Lebaran

id Sar, tim SAR, operasi khusus, siaga SAR, Kansar, Basarnas, Andi Sultan, arus balik, lebaran, Idul Fitri, Sulteng, Kota P

SAR Palu masih siagakan personel pada arus balik Lebaran

Kepala Subseksi Operasi dan Siaga SAR Kantor SAR Pencarian dan Pertolongan (Kansar) Palu, Andi Sultan. ANTARA/Moh Ridwan

Palu (ANTARA) -
Kantor SAR Pencarian dan Pertolongan1qq Basarnas Palu, Sulawesi Tengah hingga kini masih tetap menyiagakan personel pada objek-objek vital dalam mendukung arus balik setelah Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.

 

"Personel masih bertugas di lapangan sebagai rangkaian operasi SAR khusus Lebaran, mengingat saat ini arus balik masih berlangsung," kata Kepala Subseksi Operasi Basarnas Palu Andi Sultan di Palu, Kamis.

 

Ia menjelaskan, pada siaga arus balik, personel telah dibagi tugas melakukan pengawasan pada objek-objek vital daerah seperti terminal, pelabuhan, bandara maupun jalur darat antarprovinsi yang menjadi perlintasan arus balik

 

Pada operasi ini, pihaknya juga mengerahkan personel pada masing-masing pos dan unit siaga SAR di kabupaten didukung, yang mana operasi khusus ini didukung dengan peralatan SAR.

 

"Kami juga melibatkan KN SAR Bhisma yang melakukan pengawasan wilayah Kabupaten Banggai, Banggai Laut dan Banggai Kepulauan. Operasi SAR khusus dilakukan guna mengantisipasi situasi darurat yang dapat membahayakan keselamatan jiwa manusia," ujarnya.

 

Sejumlah daerah dilakukan pemantauan oleh personel Basarnas yakni Kota Palu, Parigi Moutong, Luwuk Kabupaten Banggai, Morowali, Tolitoli. Khusus Banggai Laut dan Banggai Kepulauan pengawasan berlangsung di pelabuhan penyeberangan.

 

Lebih lanjut di jelaskannya, selain pemantauan di pos siaga, personel juga melakukan pemantauan dengan bergerak khususnya di Terminal Topo Kota Palu, Terminal Luwuk, maupun memonitor jalur Trans Luwuk-Ampana.

 

Dari laporan kantor SAR Palu, situasi saat ini berjalan kondusif dan belum ada ditemukan peristiwa mengancam keselamatan manusia.

 

"Kami juga meminta pengguna.jalur darat tetap berhati-hati berkendara dan mengutamakan keselamatan penumpang. Perhatikan tanda-tanda alam sebelum melakukan perjalanan, khususnya pada jalur pegunungan untuk mengantisipasi bencana hidrometeorologi," turut Andi.

 

Ia menambahkan, pihaknya juga ikut melakukan pemantauan objek-objek wisata pada libur lebaran. Dari pemantauan dilakukan, tidak ada kondisi yang membahayakan keselamatan pengunjung.

 

"Situasi berlangsung kondusif. Kami berharap pada arus balik ini tidak ada peristiwa yang mengancam keselamatan jiwa," ucapnya.