UIN Datokarama Palu gelar pameran untuk kenalkan potensi mutu akademik

id dies natalis uin palu,abidin djafar,uin datokarama,potensi mutu akademik

UIN Datokarama Palu gelar pameran untuk kenalkan potensi mutu akademik

Mahasiswa menggunakan kendaraan roda dua melintas di depan gedung Auditorium UIN Datokarama Palu, Sulawesi Tengah. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, menggelar pameran untuk mengenalkan potensi mutu akademik perguruan tinggi negeri tersebut, sebagai bentuk upaya sosialisasi kampus itu kepada masyarakat.

"Pameran atau expo menjadi satu pendekatan untuk mengenalkan potensi mutu akademik UIN Palu kepada masyarakat," ucap Ketua Panitia Dies Natalis UIN Palu, Profesor Abidin Djafar, di Palu, Senin.

Profesor Abidin menerangkan pameran atau expo menjadi satu rangkaian kegiatan dies natalis UIN Palu tahun 2023, yang dilaksanakan pada tanggal 14 - 16 di lingkup UIN Palu.

Melalui pameran itu, ujar dia, UIN Palu juga akan mengenalkan hasil - hasil karya ilmiah milik mahasiswa dan dosen kepada masyarakat di Sulteng.

Di samping mengenalkan potensi akademik, ujar dia, pameran tersebut juga sebagai bentuk wujud komitmen dan konsistensi UIN Palu dalam mengembangkan produk UMKM masyarakat Sullteng.

Oleh karena itu, kata dia, UIN Palu bersinergi dengan Pemprov Sulteng untuk melibatkan pelaku UMKM agar ikut serta memasarkan produk - produk mereka dalam pameran tersebut.

"Pameran ini tidak memungut biaya pendaftaran, sebaliknya panitia menggratiskan keikutsertaan pelaku UMKM. UIN Palu menyiapkan sarana untuk pelaku UMKM," ujar Abidin yang juga Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Palu.

Ia mengatakan bahwa sebagai bentuk perguruan tinggi, UIN Palu berkewajiban menopang pembangunan yang diselenggarakan oleh pemerintah melalui fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Sehingga, kata dia, konsepsi dies natalis tidak hanya menjadi seremoni semata, melainkan memuat konsep pengembangan mutu akademik, promosi dan pemberdayaan.

Selain pameran, ujar dia, dies natalis juga dirangkaikan dengan kegiatan olahraga dan stadium general yang menghadirkan para tokoh - tokoh sebagai pembicara.
Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Palu Profesor Abidin Djafar. (ANTARA/Muhammad Hajiji)