Sekitar 1,6 juta peserta haji tiba di Arab Saudi

id jamaah haji,pusat layanan informasi,jenderal paspor

Sekitar 1,6 juta peserta haji tiba di Arab Saudi

Jamaah haji berada di Masjidil Haram, Mekkah. (ANTARA/Wahyu Putro) (ANTARA/Wahyu Putro)

Makkah, Arab Saudi (ANTARA) - Direktorat Jenderal Paspor Arab Saudi mengungkapkan 1.655.188 orang tiba di Arab Saudi hingga Sabtu (24/6) untuk melaksanakan ibadah haji.

Dari jumlah itu, 242.272 orang di antaranya adalah penerima manfaat Inisiatif Rute Makkah yang tiba dengan pesawat, sedangkan 60.768 orang melalui darat dan sisanya 6.830 orang tiba melalui laut.

Direktorat Jenderal Paspor berupaya semaksimal mungkin memfasilitasi prosedur masuk jamaah haji, termasuk melengkapi pos-pos pemeriksaan paspor di semua perlintasan perbatasan dengan perangkat teknologi terbaru.

Direktorat Jenderal Paspor juga mengerahkan personel yang menguasai berbagai bahasa untuk membantu mekanisme masuk jemaah haji.
 

Sementara itu, Kepala Pusat Layanan Informasi pada Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, Mansour Abdullah Al-Tuairqy, menyatakan lembaganya siap melayani jemaah haji yang membutuhkan informasi seputar layanan haji.

Layanan ini meliputi informasi mengenai tempat-tempat bersejarah, pos polisi, rumah sakit, transportasi, dan panduan umrah, yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris, Prancis, Urdu, Indonesia, Turki, Hausa dan China.

Dia mengatakan jemaah haji dapat memanfaatkan layanan itu dengan memindai kode QR/barcode pada ponsel.