Prancis akan anugerahi Paul McCartney "Legion of Honour"

id Paul McCartney, Prancis

Prancis akan anugerahi Paul McCartney "Legion of Honour"

Paul McCartney (REUTERS/Luke MacGrego)

Paris - Presiden Prancis, Francois Hollande dijadwalkan akan menganugerahkan mantan basis Beatles Paul McCartney dengan  "Legion of Honour".

Seperti dikutip dari Reuters, upacara yang akan diselenggarakan pada 8 September itu berisi penganugerahan   "officer Legion of Honour" kepada McCartney. Penghargaan itu merupakan anugerah  tertinggi di Prancis. Aktor seperti Clint Eastwood dan penyanyi Liza Minnelli juga pernah menerima penghargaan yang sama.

Pihak McCartney sendiri belum ada yang memberi komentar.

Penghargaan tersebut diciptakan oleh Napoleon Bonaparte pada 1802, dan disimbolkan dengan kerah berwarna merah, penghargaan ini memiliki tiga tingkat, Chevalier, Officer dan Commander.

Penghargaan ini memberikan status sosial, bukan uang, dan penerima penghargaan harus membeli medali mereka sendiri dari toko perhiasan berlisensi dengan harga mulai dari 210-880 dolar AS untuk tingkat paling tinggi.

McCartney (70) adalah penulis lagu paling berpengaruh dalam sejarah. Dia sudah dianugerahi gelar ksatria oleh Ratu Inggris Elizabeth.

Baru-baru ini dia juga bernyanyi bersama dengan para ribuan penonton pada pembukaan Olimpiade London 2012.

Namanya terkenal bersama dengan band The Beatles, serta lagu yang dibuatnya bersama John Lennon seperti Yesterday dan Hard Day's Night, kemudian maju sebagai penyanyi solo, dan membentuk band Wings bersama dengan istri pertamanya, Linda.

Kini anggota The Beatles hanya tersisa Ringgo Starr dan Paul McCartney. (dny)