Pemkab Sigi tekankan pejabat pengadaan barang jasa kerja maksimal

id Pembangunan daerah, perencanaan daerah, Pemkabsigi, Wabub Sigi, Samuel pongi, Sulteng

Pemkab Sigi tekankan pejabat pengadaan barang jasa kerja maksimal

Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi (batik merah) saat bersama pejabat fungsional tertentu yang dilantik di kantor bupati, Desa Bora, Kecamatan Sigi Kota, Kabupaten Sigi, Kamis (15/2/2024). ANTARA/Moh Salam

Sigi, Sulteng (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah menekankan kepada pejabat pada unit pengadaan barang jasa bekerja maksimal untuk percepatan perencanaan pembangunan di kabupaten itu.


 


"Saya minta pejabat fungsional tertentu yang berada di unit pengadaan barang jasa dan inspektorat segera berkolaborasi dalam mempercepat pembangunan daerah," kata Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi saat melantik dan mengambil sumpah 12 orang pejabat fungsional di Sigi, Kamis.


 


Menurut dia, masih banyak "pekerjaan rumah" pemerintah untuk memperbaiki dan membangun daerah baik dari segi infrastruktur maupun nonfisik untuk kesejahteraan masyarakat.


 


"Saya minta dinas terkait segera memperbaiki ruas jalan menuju Pipikoro dan Kulawi Selatan supaya mobilitas masyarakat lebih mudah sebagai bagian dari upaya meningkatkan ketahanan ekonomi masyarakat pedesaan," ujarnya.


 


Dikemukakannya, perencanaan pembangunan merupakan fungsi yang sangat penting dan strategis untuk menentukan arah pembangunan ke depan dengan konsep waktu menengah maupun panjang.


 


Oleh karena itu, kinerja pada unit pengadaan barang jasa juga menjadi bagian tidak terpisahkan dalam pembangunan, sehingga bentuk kerjanya lebih dimaksimalkan.


 


"Saya berharap para pejabat yang baru dilantik dapat menjalankan tugas dan fungsinya sesuai regulasi yang mengatur," ucap Samuel.


 


Dari 12 pejabat fungsional dilantik, sembilan orang bertugas di sekretariat daerah dan tiga pejabat lainnya bekerja di inspektorat Sigi.


 


"Tiga pejabat baru ini bertugas sebagai pengawas penyelenggara urusan pemerintah daerah," kata dia menambahkan.


 


Berdasarkan data Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulawesi Tengah, jumlah pegawai negeri sipil di Kabupaten Sigi sebanyak 5.113 orang, dengan jumlah laki-laki 2.095 orang dan perempuan 3.018 orang.


 


"Aparatur sipil negara di Sigi didominasi perempuan dengan presentasi 59 persen dibandingkan laki-laki hanya 41 persen," kata dia.