Rektor harap kontingen UIN Datokarama Palu ukir prestasi di ajang POROS Intim

id Poros Intim, PTKIN, UIN Palu, perguruan tinggi, kampus, rektor UIN, Lukman S Thahir, kota Palu, Sulteng

Rektor harap kontingen UIN Datokarama Palu ukir prestasi di ajang POROS Intim

Kontingen UIN Datokarama Palu berfoto sebelum bertanding pada POROS Intim yang berlangsung di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (5/7/2024). ANTARA/Humas UIN Datokarama

Palu (ANTARA) -
Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, Prof Lukman S Thahir berharap kontingen perguruan tinggi itu mampu mengukir prestasi pada Pekan Olahraga Riset Ornamen dan Seni Indonesia Timur (POROS Intim) yang berlangsung di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB).

 

"Ukirlah prestasi terbaik sesuai kemampuan yang dimiliki," kata Lukman S Thahir melalui keterangan tertulisnya di Palu, Jumat.

 

Ia mengemukakan POROS Intim sebagai wahana aktualisasi minat, bakat dan kegemaran mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) yang digagas Kementerian Agama (Kemenag).

 

Pada kegiatan itu kontingen UIN Datokarama mengikuti cabang lomba olahraga catur, badminton dan tenis meja. Kemudian bidang riset berupa karya tulis ilmiah Al Quran, serta bidang seni terdiri atas MTQ 30 juz, MHQ 10 juz, kaligrafi kategori naskah, pop solo Islami, pidato tausiah, dan debat konstitusi.

 

"Kontingen kami bertanding melawan perwakilan dari sembilan PTKIN meliputi kontingen UIN Mataram selaku tuan rumah, UIN Makassar, IAIN Palopo, IAIN Kendari, IAIN Gorontalo, IAIN Manado dan STAIN Majene. Kemudian, IAIN Ternate, IAIN Ambon, dan IAIN Papua," ujarnya.

 

Ia mengemukakan POROS Intim menjadi satu peluang dan bagi perguruan tinggi untuk memperlihatkan kemampuan individu dan kelompok di berbagai lomba yang diikuti.

 

"Anda semua para atlet dan peserta lomba harus optimistis dan berani untuk tampil maksimal. Harus berani mengambil keputusan dalam bertanding," ujar Lukman menyemangati mahasiswanya.

 

Di kesempatan itu ia berpesan agar menjunjung tinggi sportivitas selama bertanding, tunjukkan kebesaran jiwa karena kegiatan ini selain tujuan utama adalah lomba, di samping itu juga menjadi sarana mempererat tali silaturahim antarsesama PTKIN.