Polda Sulteng gencarkan sosialisasi moderasi beragama ke siswa di Kabupaten Poso

id Polda Sulteng ,Satgas Operasi Madago Raya ,Sosialisasi moderasi beragama ,Cegah radikalisme ,Poso ,Sulawesi Tengah

Polda Sulteng gencarkan sosialisasi moderasi beragama ke siswa di Kabupaten Poso

Satgas Operasi Madago Raya Polda Sulteng menyosialisasikan moderasi beragama kepada siswa di Kabupaten, Poso, Selasa (6/8/2024). (ANTARA/HO-Humas Polda Sulteng)

Poso, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Operasi Madago Raya, Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) menggencarkan sosialisasi moderasi beragama kepada siswa di Kabupaten Poso guna mencegah penyebaran paham radikalisme dan intoleransi di wilayah ini.
 


Kasubsatgas Humas Operasi Madago Raya AKP Basirun Laele di Poso, Selasa, mengatakan penyuluhan terkait moderasi beragama kepada siswa penting untuk mencegah penyebaran paham radikalisme di Provinsi Sulteng.

 

"Penyuluhan kepada pelajar merupakan upaya proaktif kita dalam mencegah penyebaran paham radikalisme dan intoleransi. Generasi muda adalah aset bangsa dan kita harus melindungi mereka dari pengaruh negatif," katanya.

 

Ia mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya Polri dalam mencegah masuknya paham radikalisme pada kalangan generasi muda. Ia menjelaskan radikalisme dan intoleransi tidak sejalan dengan nilai-nilai Pancasila dan dapat menimbulkan konflik dan kekerasan.


 


Menurut dia, radikalisme dan intoleransi merupakan ancaman bagi persatuan dan kesatuan bangsa, sehingga edukasi dan sosialisasi moderasi beragama kepada generasi muda sangat penting dilakukan dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Sulawesi Tengah.

 

Penyuluhan ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Poso dan secara rutin serta berkelanjutan menyasar sekolah-sekolah lainnya yang masuk ke dalam daerah wilayah operasi.

 

Pihaknya menyampaikan materi tentang moderasi beragama, bahaya radikalisme, dan pentingnya menjaga kerukunan antar umat beragama.

 

Oleh karena itu, kata dia, Satgas Operasi Madago Raya mengajak para remaja untuk menjadi agen perdamaian dan toleransi di lingkungan masing-masing.

 

"Kami akan terus berupaya untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat, terutama generasi muda agar nilai-nilai moderasi dan toleransi dapat tertanam dengan kuat di dalam diri mereka," ujarnya.

 

Sementara itu Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Poso Hermanto mengapresiasi kegiatan penyuluhan yang dilakukan oleh Satgas Operasi Madago Raya. Menurut dia, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para siswa dalam membentuk karakter yang baik dan menjadi generasi muda yang moderat.

 

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Tim Satgas Madago Raya yang telah memberikan perhatian dan bimbingan kepada siswa-siswi kami. Semoga kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi mereka," katanya.