Telkom Sulteng: Poso Sudah Aplikasikan Smart City

id smart, city

Smart City (telkomsolutions.com)

Palu,  (antarasulteng.com) - General Manager Telkom Witel Provinsi Sulawesi Tengah, M. Jusran Holle mengatakan ibu kota Kabupaten Poso telah melaksanakan layanan dari program "smart city" atau kota pintar.

"Di Sulteng, Kota Poso sudah jalan smart city. Sebentar lagi Kabupaten Sigi dan kota Palu," katanya di Palu, Minggu.

Jusran menjelaskan program smart city didedikasikan kepada pemerintah daerah baik kota maupun kabupaten, dimana semua aktivitasi pelayanan terintegrasi dalam satu sistem. Diantaranya pelayanan kartu tanda penduduk online, kartu keluarga online, pajak online hingga absensi pegawai secara online.

Program itu, kata dia, merupakan salah satu program strategis yang didesain dengan tujuan membantu masyarakat Indonesia di wilayah timur dalam percepatan pembangunan infrastruktur yakni Digital Smart City di 72 kabupaten/kota dan 500 Smart Village selama tahun 2017 di Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Bagi Jusran pihaknya akan terus mengawal dan menyukseskan program membangun negeri yang merupakan wujud dari komitmen Telkom Regional 7 KTI untuk secara berkelanjutan memberi manfaat bagi NKRI dan masyarakat luas, khususnya dalam upaya menikmati berbagai kemajuan di era digital.

Beberapa waktu lalu, Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menerima kunjungan perwakilan dari Smart City Nusantara untuk melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dalam penerapan program tersebut.

Smart city merupakan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembangunan dan pengelolaan sebuah kota atau daerah dengan tujuan meningkatkan kemampuan kerja dan kinerja pemerintah.

Penerapan konsep ini dimaksudkan agar pemerintah mampu memberikan pelayanan berkelanjutan, efektif serta dapat meningkatkan kenyaman dan keamanan kehidupan masyarakat dan mengutamakan kearifan lokal.

Dalam arahannya Bupati berharap dengan program smart city itu, masyarakat luas dapat menikmati kemudahan mengakses Internet secara gratis serta informasi tentang kemajuan pembangunan daerah. (skd) 
Pewarta :
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar