Gub. Sulteng ajak masyarakat berkolaborasi bangun transformasi digital

id Pemprov Sulteng ,Gubernur Sulteng ,Sulteng Digital Festival ,Transformasi digital,Cakap Digital,Palu,Sulteng

Gub. Sulteng ajak masyarakat berkolaborasi bangun transformasi digital

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura saat menghadiri Sulteng Digital Festival 2024 di Palu, Senin (2/9/2024). ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulteng.

Palu (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura mengajak seluruh elemen masyarakat di daerahnya berkolaborasi dalam membangun transformasi digital, untuk memajukan pembangunan daerah.

“Melalui Sulteng Digital Festival, kita menyaksikan berbagai inovasi, kreativitas, dan potensi yang luar biasa dari generasi muda Sulawesi Tengah," kata Rusdy Mastura pada penutupan kegiatan Sulteng Digital Festival 2024 di Palu, Senin.
 
Ia menyampaikan bahwa Sulteng Digital Festival merupakan wadah untuk berbagi pengetahuan, inspirasi dalam pengalaman, dan mengembangkan potensi daerah Provinsi Sulteng.
 
Digital festival, katanya, sangat relevan dengan kondisi dan perkembangan zaman saat ini, di mana seluruh elemen dituntut untuk tidak hanya mempertahankan warisan budaya yang telah ada, tetapi juga beradaptasi dan memanfaatkan teknologi untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
 
Karena itu, dia mengajak seluruh pihak untuk terus mendukung dan berkontribusi dalam membangun transformasi digital di daerah ini.
 
"Selain itu, agar melestarikan nilai-nilai luhur dari peradaban yang telah ada melalui inovasi dan teknologi modern, agar Sulawesi Tengah menjadi daerah yang tidak hanya kaya akan budaya, tetapi juga maju dalam aspek digital," ujarnya.
 
Ia juga mengharapkan agar gagasan dan ide-ide yang muncul pada festival ini dapat diimplementasikan untuk mendorong kemajuan provinsi ini lebih sejahtera dan lebih maju.
 
Festival ini meliputi kompetisi E-Sport, talkshow Cakap Digital, quiz digital, art and digital content, dan pameran teknologi.
 
Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Kominfosantik) Sulteng Sudaryano R. Lamangkona mengatakan, festival ini untuk menciptakan ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan, yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi digital dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan.
 
"Sulteng Digital Festival 2024 dapat menjadi titik tolak bagi pengembangan sektor digital di daerah ini dan mendorong pertumbuhan ekonomi berbasis teknologi," katanya.
 
Dia juga berharap Sulteng Digital Festival ini dapat menjadi kegiatan yang berkelanjutan, dan menjadi agenda tahunan dalam membangun Sulawesi Tengah yang inovatif serta berdaya saing melalui pemanfaatan teknologi digital untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.