Bupati: Operasi Teritorial TNI sangat penting bagi Poso

id TNI,Poso,Opster,bupati

Bupati Poso Darmin Sigilipu menyalami seorang anggota Babinsa usai menyerahkan penghargaan dan bantuan di Poso, Senin (12/3) (Antaranews Sulteng/Feri)

Poso (Antaranews Sulteng) - Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Panglima TNI dan seluruh jajarannya smapai ke daerah terkait operasi teritorial yang kembali digelar di daerahnya karena hal itu sangat penting bagi masyarakat Poso.

"Sudah tiga kali operasi teritorial digelar TNI di Poso, dan itu sangat bermanfaat dalam percepatan pembangunan di daerah ini," katanya kepada wartawan di Poso, Selasa, terkait Operasi Teritorial TNI yang ketiga kalinya yang dibuka Kasdam XIII/Merdeka di lapangan sepak bola Desa Mapane Kecamatan Poso Pesisir.

Setelah dievaluasi, kata Darmin, kegiatan Opster TNI ini sangat bermanfaat untuk membangun Kabupaten Poso baik dari sisi fisik untuk kesejahteraan masyarakat maupun non-fisik antara lain meliputi pembinaan mental kerohanian, pemupukan rasa nasionalisme dan deradikalisme, serta pemantapan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat.

Baca juga: Kasdam XIII/Merdeka buka Opster Ketiga di Poso

Menurut Darmin, kegiatan Opster TNI itu dapat mengikis secara perlahan-lahan bayangan gelap masa lalu yang pernah terjadi di Kabupaten Poso. Karena itu, opster ini mendapat dukungan masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan, ujarnya.

Menurut Darmin, bantuan melalui Opster yang akan diterima masyarakat pada opster ini antara lain perbaikan rumah tidak layak huni sebanyak 71 buah rumah di kecamatan Poso Pesisir, sedangkan untuk Kecamatan Lore akan dibantu lewat program TNI Manunggal masuk Desa (TMMD) 2018.

Kegaiatan Opster juga akan membangun empat rumah ibadah dan sosialisasi bahaya narkoba serta pelayanan kesehatan gratis.

Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Fajar Setyawan mengatakan bahwa Opster TNI di Poso akan berlangsung selama tiga bulan melibatkan 225 personel dengan fokus utama meningkatkan keamanan dan kesejahteraan masyarakat, menumbuhkan wawasan kebangsaan dan kesadaran bela negara serta kemanunggalan TNI dengan rakyat.

"Tujuannya cukup jelas yakni membantu pemda dalam meningkatkan kesejahteraan dan keamanan wilayah," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar