Kemdikbud putar film serentak di 34 provinsi

id film

ilustrasi/antara

Kami melakukan kurasi terhadap 16 judul film dari sejumlah film yang ada
Jakarta, (Antaranews Sulteng) - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melakukan pemutaran film secara serentak di 34 provinsi sepanjang 21 April hingga 27 April dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018.

"Kami melakukan kurasi terhadap 16 judul film dari sejumlah film yang ada," kata Kepala Pusat Pengembangan Film Kemdikbud Maman Wijaya kepada Antara di Jakarta, Minggu.

Pemutaran film dilakukan di sejumlah lokasi di masing-masing ibu kota provinsi.

Maman menjelaskan film yang diputar merupakan film yang memiliki nilai-nilai pendidikan karakter.

Terdapat setidaknya lima nilai pendidikan karakter yang termuat dalam film tersebut yakni integritas, cinta Tanah Air, kemandirian, gotong royong, dan religius.

Film-film yang diputar tersebut yakni Ada Surga di Rumahmu, Air Mata Terakhir Bunda, Ambilkan Bulan, Atambua 39, Ayat-ayat Adinda, Bulan Di Atas Kuburan, Cahaya Dari Timur, Cinta dri Wamena, Demi Ucok, Kau dan Aku Cinta Indonesia, Keumala, Mencari Hilal, dan lainnya.

"Nilai yang terkandung di dalamnya yakni unsur pendidikan karakter dan kedaerahan," katanya.

Dia menjelaskan film Dilan maupun Tan Malaka tidak termasuk dalam film yang dikurasi. Pihaknya memberikan kebebasan kepada pihak panitia penyelenggara di masing-masing daerah, akan tetapi tanggung jawab sendiri.

"Kami mengapresiasi respon dari masyarakat serta kami akan mengoreksi jika ada masukan dari masyarakat," cetus Maman.

Dia berharap melalui pemutaran film tersebut dapat menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter serta mendorong masyarakat untuk mencintai film lokal.
Pewarta :
Editor: Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar