KPAI: Hari Ayah harus jadi momentum untuk tingkatkan pengasuhan ayah

id Hari Ayah,Pengasuhan,Peran Ayah,KPAI,Susanto,hubungan ayah dan anak

KPAI: Hari Ayah harus jadi momentum untuk tingkatkan pengasuhan ayah

Ilustrasi - Ulang tahun ayah (Shutterstock)

Selama ini pemahaman sebagian masyarakat terkait peran ayah dalam pengasuhan masih terbatas. Ibu yang yang dianggap paling berperan dalam pengasuhan
Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi Pelindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto mengatakan Hari Ayah harus menjadi momentum untuk meningkatkan peran pengasuhan dari seorang ayah terhadap anak.

"Selama ini pemahaman sebagian masyarakat terkait peran ayah dalam pengasuhan masih terbatas. Ibu yang yang dianggap paling berperan dalam pengasuhan," kata Susanto saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Susanto mengatakan peran ayah sangat menentukan kualitas proses dan hasil dari pengasuhan. Dalam banyak riset dilaporkan pola pengasuhan tanpa ada peran ayah berdampak negatif bagi tumbuh kembang anak.

Ketidakhadiran ayah dalam pengasuhan berdampak negatif bagi anak. Apalagi di era digital seperti saat ini, ayah seringkali dekat secara fisik tetapi jauh secara psikis.

"Ruang-ruang bertemu anak di hari libur seringkali terhambat oleh aktivitas penggunaan gawai yang tidak terkontrol. Orang tua dan anak asyik dengan ponsel cerdasnya masing-masing," katanya.

Susanto mengatakan hal itu perlu dievaluasi agar kualitas pengasuhan ke depan semakin baik. Hari Ayah harus dimanfaatkan sebagai pengingat bagi seorang ayah untuk meningkatkan kualitas pengasuhan dan kebersamaannya bersama anak.*