Pemkab Poso gelar lomba pidato siswa penguatan pangan lokal

id Pemkab Poso,Pangan Poso

Pemkab Poso gelar lomba pidato siswa penguatan pangan lokal

Wabup Poso Samsuri saat memukuli gong tanda dibukanya Festival Pangan Cerdas Sintuwu Maroso II 2020 dan lomba pidato Gerakan Masyarakat Sehari Sekali Tanpa Nasi Sehat (Gemas Setanase).  (Ferry Timparosa)

Kegiatan Lomba pidato ini diselenggarakan sebagai bentuk sosialisasi pada generasi muda untuk lebih memahami dan dapat mempraktikkan Gemas Setanase
Palu (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Poso menggelar lomba pidato Gerakan Masyarakat Sehari Sekali Tanpa Nasi Sehat (Gemas Setanase) tingkat SMA se wilayah Poso kota bersaudara dan Poso Pesisir guna mendorong penguatan citra dan mutu pangan lokal.

Lomba yang diikuti 26 siswa/siswi itu merupakan rangkaian HUT Kota Poso ke 125 dan Festival Pangan Cerdas Sintuwu Maroso II 2020, di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan Poso, Kamis.

Wakil Bupati Poso Samsuri mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah Kabupaten Poso melalui Dinas Ketahanan Pangan untuk sukses dan tercapainya target kinerja Pemda dalam bidang ketahanan pangan.

"Kegiatan Lomba pidato ini diselenggarakan sebagai bentuk sosialisasi pada generasi muda untuk lebih memahami dan dapat mempraktikkan Gemassetanase," ujar Samsuri.

Baca juga: Pemkab Poso bagikan 7.500 bibit durian dukung kampung durian
Baca juga: Kodim Poso dan Pemkab Poso cetak 150 hektare sawah baru


Kepala Dinas Ketahanan Pangan Poso Rusna Mangun, dalam laporannya menyampaikan, kegiatan itu dilakukan agar generasi muda dapat lebih awal belajar sehari sekali mengganti makanan pokok dari nasi putih dengan sumber karbohidrat lain.

Selain itu, kata Rusna untuk meningkatkan sosialisasi mutu dan citra pangan lokal sumber karbohidrat nonberas.

Germas Setanase juga merupakan salah satu upaya percepatan penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumberdaya lokal untuk mendorong terwudnya pola konsumsi pangan beragam, bergizi, berimbang, dan aman.

Lomba pidato itu bertujuan untuk menyosialisasikan kepada masyarakat agar dapat mengurangi ketergantungan terhadap beras yang ketersediaan pasokannya semakin berkurang dan harganya yang terus bergerak naik.

Hadir pada kegiatan ini, Ketua DPRD Kabupaten Poso Sesi KD Mapeda, Forkopimda Poso, Ketua Pengadilan Negeri Poso, pimpinan OPD, para camat se Poso Kota, Poso Pesisir, dan lage, kepala sekolah dan siswa/siswi peserta lomba, juga tamu undangan lainnya.
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar